Jokowi Desak Direksi PLN Blak-blakan Soal Pemadamam Listrik

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 5 Agustus 2019 11:10
Jokowi Desak Direksi PLN Blak-blakan Soal Pemadamam Listrik
Sangat merugikan, kata Jokowi.

Dream - Jokowi memimintaDireksi PT PLN Persero memberi penjelasan terkait padamnya listrik di Pulau Jawa. Menurut presiden bernama lengkap Joko Widodo itu, pemadaman listrik sangat merugikan masyarakat.

" Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN, namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan," kata Jokowi, Senin 5 Agustus 2019.

Jokowi mengatakan, matinya aliran listrik di Jabodetabek dan sekitarnya membuat transportasi umum terganggu.

" Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya. Oleh sebab itu pagi hari ini saya ingin mendengar langsung, tolong disampaikan yang simpel-simpel saja," kata dia.

" Kemudian kalau ada hal yang kurang ya blak-blakan saja. Sehingga bisa diselesaikan dan tidak terjadi lagi untuk masa yang akan datang," tambah Jokowi.

1 dari 4 halaman

Penyebab

Pada Minggu 4 Agustus 2019, aliran listrik di Jabobedatabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah padam. Kondisi ini terjadi karena sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV mengalami gangguan transmisi energi dari timur ke barat.

" Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat.

" Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," kata Made.

Sumber: Liputan6.com/Lisza Egeham

2 dari 4 halaman

Listrik Jabotabek Padam, Perjalanan KRL Bermasalah

Dream - Pemadaman listrik terjadi pada hari ini, Minggu 4 Agustus 2019 di wilayah Jakarta. Diperkirakan, gangguan juga melanda kawasan Jabodetabek.

Hal ini membuat perjalanan commuter line terhenti. Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) meminta maaf lantaran perjalanan KRL terganggu.

" PT Kereta Commuter Indonesia memohon maaf atas gangguan perjalanan KRL yang terjadi di seluruh lintas. Hal ini sehubungan dengan pemadaman listrik di seluruh wilayah Jabodetabek," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, saat dikonfirmasi, Minggu, 4 Agustus 2019.

3 dari 4 halaman

Penumpang KRL Diminta Tenang

Anne meminta para pengguna KRL yang masih berada di dalam gerbong untuk tenang dan mengikuti arahan petugas. " PT Kereta Commuter Indonesia mengimbau para pengguna di dalam kereta untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas, terutama yang berada di dalam kereta" kata dia.

KRL Alami Gangguan, Penumpang Sampai Turun© MEN

Anne menyatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait atas pemadaman massal ini. " Untuk para pengguna yang masih berada di stasiun dapat membatalkan tiket perjalanannya ke loket stasiun," terang Anne.

4 dari 4 halaman

Pemadaman Massal

Sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami listrik padam, Minggu, 4 Agustus 2019. Akibatnya, aktivitas masyarakat terganggu.

" Di daerah Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat mati lampu sekitar pukul 11.50 WIB," ujar salah satu warga, Ika.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik selama Idul Fitri© MEN

Kabar listrik padam di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) juga menggema di media sosial.

" Mati listrik sejabodetabek kak, info dari temen yang kerja di PLN katanya blackout pelabuhan ratu, suralaya, priok. Pembangkitnya mati ada gangguan transmisi," tulis akun twitter @jeedinaa.

Bahkan pemadaman listrik juga meluas hingga kawasan Bandung, Jawa Barat. " Informasi dari PLN Area Bandung, saat ini sedang terjadi ganguan untuk wilayah sebagian Banten, Jakarta, dan wilayah Jawa Barat. Saat ini, upaya masih terus dilakukan PLN," tulis akun @imanlagi.

Beri Komentar