Jokowi: Kepergian Glenn Fredly, Kehilangan Besar bagi Industri Musik

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 9 April 2020 10:44
Jokowi: Kepergian Glenn Fredly, Kehilangan Besar bagi Industri Musik
Glenn dikenal sebagai musisi yang dekat dengan banyak orang.

Dream - Kepergian Glenn Fredly menghadirkan duka bangsa Indonesia. Tidak hanya bagi para musisi, namun hingga tokoh-tokoh bangsa.

Glenn meninggal pada Rabu, 8 April 2020 sekitar pukul 18.00 WIB akibat penyakit meningitis. Kabar meninggalnya Glenn cukup mengejutkan karena terjadi secara tiba-tiba.

Presiden Joko Widodo turut merasa kehilangan atas kepergian Glenn. Diketahui, Jokowi dan Glenn pernah berinteraksi dalam sejumlah kegiatan.

" Saya mendengar kabar duka ini semalam, bahwa seniman musik Glenn Fredly Deviano Latuihamallo telah meninggalkan kita untuk selamanya," kata Jokowi, di akun Instagramnya, @jokowi.

Jokowi menyebut Glenn merupakan seniman musik yang menginspirasi anak muda. Juga sosok yang telah banyak memberikan dedikasi untuk industri musik Tanah Air.

" Kepergian Glenn Fredly adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini," jelas Jokowi.

 

1 dari 7 halaman

Sampaikan Duka Cita

Jokowi dan keluarga turut menyampaikan duka cita kepada keluarga Glenn dan seluruh insan musik Indonesia. " Glenn Fredly telah berpulang, tetapi karyanya akan tetap abadi dan kita nikmati," tulisnya.

Penyanyi kelahiran 30 September 1975 ini diketahui meninggal akibat terkena radang selaput otak (meningitis) di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan.

Jenazah Glenn Fredly akan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada hari Kamis 9 April 2020.

Pihak keluarga meminta penggemar untuk tidak menghadiri prosesi pemakaman tersebut karena situasi yang tidak memungkinkan.

      Lihat postingan ini di Instagram

Saya mendengar kabar duka ini semalam, bahwa seniman musik Glenn Fredly Deviano Latuihamallo telah meninggalkan kita untuk selamanya. Mendiang adalah tokoh muda yang menginspirasi anak-anak muda Tanah Air, terutama para pemusik, karena dedikasinya pada seni yang begitu luas dan dalam sebagai pencipta lagu, penyanyi, juga aktivis. Kepergian Glenn Fredly adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini. Saya dan keluarga menyampaikan duka cita yang dalam kepada keluarga besar mendiang Glenn Fredly, juga kepada seluruh insan musik Indonesia. Glenn Fredly telah berpulang, tapi karyanya akan tetap abadi dan kita nikmati.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada

2 dari 7 halaman

Keluarga Minta Pelayat Tak Hadiri Pemakaman Glenn Fredly

Dream - Keluarga Glenn Fredly meminta tak ada pelayat yang menghadiri pemakaman suami Mutia Ayu tersebut. Sebab, saat ini sedang terjadi pandemi virus corona, sehingga rawan terjadi penularan bila pemakaman itu dihadiri oleh banyak orang.

" Tanpa mengurangi rasa hormat, kami berharap agar para pelayat tidak hadir dalam prosesi pemakaman dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat ini," kata perwakilan keluarga Glenn Fredly, Mozes Latuihamalo.

Glenn Fredly mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta Selatan, Rabu 8 April 2020, pukul 18.47 WIB. Glenn dirawat karena mengidap meningitis.

Jenazah Glenn Fredly rencananya dimakamkan di Taman Permakaman Umum Tanah Kusir. Menurut keluarga, doa yang baik sudah cukup untuk mengantarkan Glenn sampai ke peristirahatan terakhir.

" Doa rekan-rekan sekalian di manapun berada sudah lebih dari cukup untuk menguatkan kami dalam rasa duka ini," tambah Mozes.

Keluarga juga meminta semua orang memaafkan Glenn Fredly atas semua kesalahan yang disengaja maupun tiidak.

" Kami pihak keluarga meminta doa dari rekan-rekan musisi, kerabat, teman, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk almarhum Glenn Fredly dan memaafkan segala kesalahan yang pernah Beliau lakukan, baik sengaja mau pun tidak disengaja," ucap Mozes.

3 dari 7 halaman

Saat Glenn Fredly Menahan Sakit, Tapi...

Dream - Penyakit meningitis yang menjadi penyebab meninggalnya Glenn Fredly membuat rekan, kerabat, dan keluarga dibuat tak percaya atas kepergiannya yang dinilai begitu cepat. 

Pasalnya selama mengidap penyakit ini, pria bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo itu tak menunjukkan memiliki penyakit berat. 

Karena memang menurut keluarga, pelantun 'Januari' ini menahan rasa sakitnya dan tetap beraktivitas seperti biasa. 

" Beliau sempat mengeluhkan penyakitnya ini beberapa waktu lalu, namun masih sanggup beraktivitas seperti biasa," kata Mozes Latuihamalo, keluarga Glenn dalam siara pers yang diterima, Rabu, 8 April 2020.

Bahkan di saat kondisi Glenn yang drop tiga hari terakhir, suami dari Mutia Ayu ini masih berinteraksi dengan keluarganya.

" Meski kondisinya menurun selama tiga hari terakhir, namun masih bisa berinteraksi hingga akhirnya menghembuskan nafas yang terakhir pada 8 April 2020," kata dia.

Mantan kekasih Aura Kasih ini memang mengeluh sakit sejak sebulan lalu dan meminta untuk dirawat di rumah sakit.

" Satu bulan terakhir, Glenn mulai merasa tidak nyaman atas penyakit yang dideritanya, sehingga memutuskan untuk menjalani rawat-inap," imbuh dia.

4 dari 7 halaman

Momen Glenn Fredly Berpeci, Merdu Melantunkan Sholawat Nabi

Dream - Glenn Fredly dikenala sebagai musisi yang sangat menyukai peci sebagai simbol nasional. Dalam sejumlah kesempatan, Glenn terlihat rapi mengenakan peci hitam.

" I love Peci.. #NasionalSimbol," tulis Glenn Fredly dalam sebuah unggahan pada 30 Juni 2017 lalu.

Dalam potret tersebut, Glenn tampak rapi dengan peci hitam dan batik coklat. Dalam potret itu, Glenn tampak sedang berbicara dalam sebuah forum.

  Glenn Fredly Berpeci© Instagram glennfredly309

Selain itu, Glenn juga sempat mengunggah potret saat mengenakan peci saat diterima Presiden Joko Widodo. Dia tampil rapi dengan balutan batik lengan panjang ungu dengaan peci hitam.

" Siang tadi diterima di istana negara oleh Presiden @jokowi untuk mengantarkan 12 rekomendasi hasil Konferensi Musik Indonesia yang pertama 7-9 Maret 2018 lalu di Ambon..Kolaborasi,inspirasi dan inovasi untuk membangun ekosistem tanah air... Salam," tulis Glenn Fredly pada 22 Maret 2018.

5 dari 7 halaman

Glenn Fredly juga sempat mengenakan peci dengan kemeja abu-abu saat tampil dalam acara Shihab & Shihab. Dia tampak serius mendengarkan ucapan dari Quraish Shihab.

Dia mengutip pernyataan ayah Najwah Shihab itu, " Kemanusiaan mendahului keAgamaan..., kita bisa berbeda pendapat namun hendaknya bersama-sama mengejar kebaikan dalam kemanusiaan. “

" .. Saya tertegun mendengar tausyiah beliau yang begitu dalam makna dan pengetahuan serta penting untuk di renungkan.. Saya bersyukur untuk hari ini dimana bisa duduk bersama beliau dan Najwa diundang dalam acara Shihab & Shihab, teduh dan menyejukkan .. Sebagai seorang yang dibesarkan dalam tradisi Nasrani, hari ini saya diberkati oleh tausyiah Quraish Shihab tentang Islam yang penuh Rahmat untuk kemanusiaan.. ????????," papar Glenn Fredly, 25 Mei 2019.

(Sumber: Liputan6/Komarudin)

6 dari 7 halaman

Glenn Fredly juga pernah melantunkan Shalawat Nabi dengan suara yang sangat merdu. 

Rekaman suara merdunya itu diunggah di akun media sosial Instagram. Meskipun hanya menyanyikan dua baris lirik shalwat, namun dia melantunkannya dengan sangat merdu dan lancar.

" Shalaatullaah Salaamul laah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah. Shalaatullaah Salaamulleah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah," lantun Glenn.

  Glenn Fredly meninggal dunia© Instagram glennfredly309

Ternyata, Glenn melakukan hal itu untuk menunjukan toleransinya kepada umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Sebagai orang yang bergama non-muslim, ia menyebut muslim sebagai Gandong yang dalam bahasa Maluku berarti saudara. Atau bisa juga diartikan kakak dan adik.

" Buat beta pung Gandong Salam, selamat memasuki bulan Suci penuh Rahmat,Damai sejahtera menyertai katong samua,dari ale pung Gandong Sarani.. Kami di Maluku menyebut Gandong artinya saudara ( Kakak & adik ).. #BETAMALUKU #IndonesiatanahairBeta #HidayahCaritaOrangBasudara,"  tulisnya melengkapi unggahan video itu.

7 dari 7 halaman

Para warganet ikut bereaksi melihat video tersebut. Sebagaian dari mereka menilai jika masih ada pelafalan Bahasa Arab yang salah. Tapi, tak sedikit pula yang memuji aksi Glenn.

Menurut mereka sikap mantan suami Dewi Sandra itu sangat patut dicontoh demi menjaga kedamaian Indonesia.

Seperti pendapat yang disampaiakan sydzftr16 " Terimakasih karna telah berpegang teguh pada bhinneka tunggal ika om."

" Inilah bentuk dari Pancasila mengajarkan bertoleransi #respect subhanallah om@glennfredly309,"   ungkap zam10muhammad.

" Ini bukti bentuk toleransi antar umat beragama 🖒🖒👏 .. semoga indonesia kedepanya bisa lebih damai .. kembali seperti dulu .. amin @glennfredly309,"   imbuh akun ramdhoni098.

Beri Komentar