Jokowi Sebut Pahlawan Pembangunan Trans Papua untuk Korban

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 5 Desember 2018 16:01
Jokowi Sebut Pahlawan Pembangunan Trans Papua untuk Korban
Para pekerja yang gugur di Papua adalah pahlawan.

Dream - Presiden Joko Widodo menyatakan para pekerja proyek infrastruktur Trans Papua adalah pahlawan. Para pekerja itu, lanjut Jokowi, bertaruh nyawa demi terwujudnya pembangunan di wilayah timur Indonesia.

" Marilah kita bersama-sama berdoa agar para pahlawan pembangunan Trans Papua ini diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 5 Desember 2018.

Demi mewujudkan pemerataan dan kesejahteraan masyarakat, Jokowi menegaskan pembangunan di Papua tidak akan berhenti. Jokowi juga menyatakan tidak gentar dengan teror apapun.

" Sekali lagi ingin saya sampaikan bahwa pembangunan Trans Papua tetap, terus dijalankan, diteruskan. Tidak akan berhenti," kata Jokowi.

Presiden pun mengakui pembangunan di Papua tidaklah mudah. Selain kondisi geografis, keamanan menjadi salah satu tantangannya.

Korban Tewas 20 Orang

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut korban pembunuhan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, sebanyak 20 orang. Sebanyak 19 orang di antaranya adalah pekerja pembangunan jembatan.

" Informasi sementara adalah 20. 19 Pekerja, dan 1 anggota TNI yang gugur," jelas Tito saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018) seperti dilansir Liputan6.com.

Mantan Kapolda Papua ini menjelaskan, pekerja proyek di Nduga, Papua diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu, 1 Desember 2018. Kelompok tersebut di bawah kepemimpinan, Egianus Kogoya.

Sehari kemudian, KKB menyerang pos TNI di Distrik Mbua, Papua. Pos tersebut dibangun TNI untuk menjaga pekerja proyek infrastruktur di kawasan Nduga.

" Itu (pos TNI) juga diserang. Kekuatan 21 orang diserang. Setelah itu terjadi perlawanan dan mereka (TNI) mundur, tapi sempat satu orang gugur. Kita belum tahu di pihak mereka (KKB) mungkin juga sudah ada korban juga tapi saat ini pengejaran dilakukan," paparnya. (ism)

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Lindswell Kwok - Achmad Hulaefi Gelar Resepsi Pernikahan