Jokowi Telepon Raja Salman Ucapkan Selamat Jalan

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 12 Maret 2017 12:43
Jokowi Telepon Raja Salman Ucapkan Selamat Jalan
Jokowi juga berharap kerja sama kedua negara dapat segera ditindaklanjuti.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat jalan kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud yang hari ini, Minggu 12 Maret 2017 pukul 10.30 WITA mengakhiri liburannya di Pulau Dewata. Komunikasi keduanya disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi‎ usai mengantar keberangkatan Raja Salman di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menurut Retno, sebelum Raja Salman pergi meninggalkan Bali Presiden Jokowi menyempatkan diri berkomunikasi dengan Raja Salman melalui sambungan telepon.

" Hari ini Raja Salman meninggalkan Bali‎ untuk menuju destinasi berikutnya. Pukul 09.30 WITA, Presiden Joko Widodo sempat melakukan pembicaraan per telepon yang intinya pertama, mengucapkan selamat jalan kepada Raja Salman," kata Retno di ruang VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu 12 Maret 2017.

Selain menyampaikan ucapan selamat jalan, Jokowi juga menyampaikan agar kesepakatan yang telah terjalin antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi dapat segera ditindaklanjuti menjadi aksi konkret.

" Yang kedua, ini massage yang paling penting, harapan agar segera dapat ditindaklanjuti semua hasil kunjungan Raja Saudi ke Indonesia, karena ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah," jelas Retno.

Menurut Retno, yang terpenting dari hasil kesepakatan itu adalah hasil nyata dari rencana ‎kerja sama kedua negara.

" Tentu ini satu momentum yang sangat baik. Over all, yang paling penting adalah masalah implementasinya," kata Retno.

(Laporan Berry Putra, Bali)‎

1 dari 2 halaman

Lelucon Raja Salman yang Bikin Presiden Jokowi Tertawa

Dream - Pertemuan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis Al-Saud dengan Presiden Joko Widodo menyimpan banyak kenangan. Dalam foto-foto yang beredar, kedua pemimpin negara ini terlihat banyak menebar senyum bahkan terkadang tertangkap kamera tertawa.

Menurut penuturan salah seorang penerjemah Raja Salman selama bertemu Jokowi, Muchlis Hanafi, dalam beberapa kali Raja Salman sering melontarkan lelucon.

Menurut Muchlis, salah satu lelucon yang dilontarkan Raja Salman tentang sebutan khusus bagi para fotografer yang ingin mengabadikan momen bersejarah saat berada di Istana Bogor dan Istana Negara.

Bagi raja fenomena ini cukup langka. Hal itu dilatarbelakangi keyakinan sebagian ulama konservatif yang mengharamkan praktik fotografi. Saat lelucon sebutan khusus itu diterjemahkan kepada Jokowi, presiden itu tertawa mendengarnya.

" Itu joke saja. Buktinya diajak selfi mau. Beliau sangat moderat," kata Muchlis saat dihubungi Dream melalui sambungan telepon.

Selain itu, ada lelucon lain yang terlontar dari Penjaga Dua Kota Suci itu. Kejadian itu terjadi usai pertemuan Raja Salman dengan para tokoh agama. Presiden Jokowi yang hendak meninggalkan Hotel Raffles tempat Raja Salman menginap.

Jokowi kemudian melontarkan ajakan kepada Raja Salman untuk berbelanja dan keliling kota Jakarta. Dengan nada bercanda, Raja Salman spontan menjawab.

" Oh ya saya ingin sekali, tapi dengan syarat ditemani Pak Presiden. Saya ganti baju dulu kalau begitu," kata Raja Salman sembari memegangi bajunya.

2 dari 2 halaman

Sambut Raja Salman, Jokowi Rela Kehujanan

Dream - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud benar-benar menjadi tamu agung di Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo sampai memberikan perlakuan sangat istimewa kepada penguasa yang bertahta sejak Januari 2015 itu.

Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor tak menyurutkan Joko Widodo. Pria yang beken dengan nama Jokowi itu rela basah kuyup diguyur hujan demi menyambut Raja Salman dan mengajak masuk ke dalam ruang pertemuan di Istana Bogor.

Momen tersebut terekam kamera fotografer Istana, Agus Suparto. Foto itu diunggah di akun Facebook resmi Presiden Joko Widodo.

" Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi," tulis Jokowi, Rabu 1 Maret 2017.

Foto tersebut menjadi viral di Facebook. Satu jam sejak diunggah, foto tersebut mendapat 67 ribu likes, 6.388 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 4.881 kali.

" Amiin hujan ni semoga membawa berkah. Amiin ya Allah," tulis pemilik akun Bety Bella.

" Allah huma aamiin ya robal allamiiin semoga merahmati nya pulng pergi selmat moga2 menjdi yg terbik buat dua negra Islam lebih sejhtra sellu makmur damai di cucurkan berkaah barokaah melimpah aamiin ya robal allamiiin," tulis pemilik akun Hayati Alifputra Alifputra Aayyng.

Beri Komentar