Kapal Laut Terakhir Pengangkut Haji Indonesia

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 24 Agustus 2016 15:14
Kapal Laut Terakhir Pengangkut Haji Indonesia
Kapal laut pernah berjaya, membelah samudera mengantar calon jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci. Namun nasibnya berakhir tragis, dipailitkan!

Dream - Dulu, kapal laut sempat menjadi andalan bagi rakyat Indonesia untuk berangkat haji ke Tanah Suci. Kaum Muslim Nusantara rela terapung di samudera selama berminggu-minggu, bahkan sampai sebulan, menuju Arab Saudi.

Tak jarang pula ada calon jemaah haji yang wafat di atas kapal, sebelum sampai ke Tanah Suci. Dan biasanya, waktu di atas kapal ini banyak dimanfaatkan kepala rombongan untuk memberi atau mematangkan manasik haji.

Namun, pengalaman ini tak dirasakan oleh jemaah haji setelah tahun 1979. Sebab, kapal-kapal pengangkut calon jemaah haji dari Indonesia terakhir kali beroperasi pada tahun itu.

Sebenarnya, kapal laut yang menajadi moda pengangkut calon jemaah haji sejak zaman Belanda itu masih berjaya hingga era 1960-an. Meskipun pesawat pengangkut jemaah haji sudah beroperasi sejak 1952.

Calon jemaah haji kala itu masih memilih kapal laut karena tarifnya jauh lebih murah. Sehingga, sebagian masih calon jemaah masih menjatuhkan pilihan ke kapal laut. Membelah samudera menuju Tanah Suci.

 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jusuf Kalla Akui Jokowi Tidak Otoriter