Dengar Ceramah Gus Miftah di Gereja, Mualaf Ingin Belajar Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 4 Mei 2021 15:01
Dengar Ceramah Gus Miftah di Gereja, Mualaf Ingin Belajar Islam
Mualaf tersebut mengaku kembali semangat belajar Islam.

Dream - Ceramah KH Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah di GBI Amanat Agung, Jakarta Utara, sempat menuai kecaman. Namun demikian, ada juga warganet yang justru terinspirasi ceramah tersebut.

Gus Miftah mendapat pesan langsung dari seseorang yang mengaku seorang mualaf. Kepada Gus Miftah, orang tersebut menyatakan ingin memperdalam Islam.

Percakapan digital tersebut diunggah Gus Miftah di akun Instagramnya. Dia membubuhkan kalimat yang menyebut videonya membuat seseorang di Amerika Serikat tergerak untuk memeluk Islam.

" Alhamdulillah, pengakuan seorang muallaf di Amerika, dan keluarganya otw muallaf insya Allah, gegara video itu," tulis Gus Miftah.

Gus Miftah juga menyadari caranya berceramah dinilai salah di mata sebagian orang. Tetapi, dia bersyukur masih ada orang yang mendapatkan hidayah dari ceramahnya.

" Maaf ya kalau saya sering berbuat salah........ kalau saya dianggap kafir... Insya Allah saya masih bersyahadat yang sama dengan kalian kok," kata dia.

 

1 dari 4 halaman

Pengakuan Mualaf

Pada kolom gambar, mualaf tersebut mengaku bernama Gerard dan baru memeluk Islam beberapa bulan lalu. Dia punya keluarga yang tertarik memeluk Islam.

" Saya sangat terkagum dengan ceramah Gus Miftah di gereja beberapa hari yang lalu," tulis pria yang mengaku Gerard.

Mualaf itu mengaku sempat muncul penyesalan dalam hatinya setelah memeluk Islam. Penyebabnya, dia bertemu dengan sejumlah ustaz yang ajarannya kasar dan cenderung membenci.

" Setelah melihat video Gus Miftah beberapa waktu yang lalu, saya mulai kembali tertarik, saya semakin sadar kaau masih sangat banyak ustad2 yang berpikiran open minded, ceramahnya bikin hati tenang dan tentram," tulis dia.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gus Miftah (@gusmiftah)

2 dari 4 halaman

Ceramahnya di Gereja Dihujat Netizen, Ini Kata Gus Miftah

Dream - Gus Miftah kembali mendapat kecaman dari warganet. Kali ini dipicu ceramahnya dalam kerangka orasi kebangsaan yang disampaikan saat peresmian Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung.

Pria bernama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman itu pun menjawab ringan kecaman tersebut. Dia mengaku diajak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk hadir dalam peresmian tersebut dan memberikan orasi kebangsaan dengan tema kerukunan.

" Kalau menurut gue sih biasa, itulah Indonesia," ujar Gus Miftah dalam video yang diunggah di akun Instagramnya.

Gus Miftah membuat video tersebut bersama rekannya, Ahmad Sahroni. Dia pun meminta pendapat Sahroni mengenai ceramahnya di gereja.

" Menurut gue luar biasa, jarang pernah terjadi juga seorang ustaz ceramah di tempat ibadah beda agama," kata Sahroni.

 

3 dari 4 halaman

Silaturahmi Kebangsaan Harus Terjalin

Dia menilai ceramah Gus Miftah menjadi satu model toleransi agama yang harus diikuti oleh semua ustaz. Sahroni juga menekankan ceramah model itu harus benar-benar dilakukan.

" Karena silaturahmi kebangsaan itu hanya satu, itu adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Sahroni.

Gus Miftah kemudian menambahkan, konteks ceramah tersebut bukan ibadah. Tetapi dalam konteks peresmian gereja.

" Maka saya bilang, silaturahmi kita dengan Tuhan ya sholat, silaturahmi kita dengan Kanjeng Nabi, shalawat, silaturahmi kita dengan anak bangsa ya Pancasila, gitu lho," ucap dia.

Gus Miftah mengakui gara-gara ceramahnya, dia mendapat tuduhan kafir. Padahal, dia sudah banyak membimbing non-muslim menjadi mualaf.

" Itulah bedanya dakwah sekarang dengan zaman dulu. Kalau zaman dulu dakwah itu meng-Islamkan orang kafir. Kala sekarang, mengkafir-kafirkan umat Islam," terang Gus Miftah.

4 dari 4 halaman

Ini Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gus Miftah (@gusmiftah)

Beri Komentar