4 Pekerja Tewas Ditabrak di Tol Pasar Rebo, Pengemudi Bau Alkohol

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 15 April 2020 10:09
4 Pekerja Tewas Ditabrak di Tol Pasar Rebo, Pengemudi Bau Alkohol
Polisi mengecek urine pengemudi.

Dream - Kecelakaan terjadi di Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) Pasar Rebo, arah Cikunir, Kilometer 29 Rabu, 15 April 2020 pukul, 06.23 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan empat orang tutup usia.

" Honda Civic B 1106 MZ menabrak rambu dan Pekerja di KM 29 Tol Pasar Rebo (arah ke Cikunir), korban tutup usia empat orang dan luka berat dua orang. Saat ini sudah dalam penanganan," tulis TMC Polda Metro.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol, Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dari laporan di lapangan ada bau alkohol dari mulut pengendara yang menabrak. " Kita cek urinenya," ucap Yogo.

Saat ini, pengendara mobil sedan itu dibawa ke Polresto Jakarta Timur. Kasusnya akan dilimpahkan ke Polda Metro Jaya untuk penanganan lebih lanjut.

Sebanyak empat pekerja dilaporkan tewas, sementara dua lainnya luka berat. " Korban seluruhnya dirawat di RS Polri Kramat Jati," kata dia dilaporkan Merdeka.com.

Sambodo mengatakan, pengendara sedan nomor polisi B 1106 MZ berinisial MO menabrak pekerja dan mobil proyek di KM 29+800. Sebanyak empat pekerja dilaporkan tewas, sedangkan dua lainnya menderita luka berat.

Korban seluruhnya telah dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. " Semuanya (korban) kita bawa ke RS Polri Kramat Jati," ucap dia.


(Sumber: Merdeka.com/Muhamad Agil Aliansyah)

1 dari 5 halaman

Terlihat Sepele tapi 5 Tips Ini Ampuh Cegah Kecelakaan Saat Berkendara

Dream - Tak ada kunci selamat berkendara di jalanan selain mematuhi peraturan lalu lintas. Umumnya, kecelakaan memang terjadi karena pengendara melanggar peraturan yang sebetulnya terlihat sepela. 

Selain mematuhi peraturan lalu lintas, berbagai persiapan kecil, yang sayangnya sering dilupakan pengemudi, juga harus dilakukan dengan benar. Selain untuk kepentingan pribadi, berkendara dengan aman juga akan mencegah pengendara atau pengguna jalan mengalami kecelakaan.  

Mengutip laman NTMC Polri, Sabtu 7 Maret 2020, ada lima tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari kecelakaan saat berkendara. Kelima anjuran ini mungkin terlihat simpel namun bisa menyelamatkan hidup kamu saat di jalanan. 

Pertama, menyesuaikan posisi duduk sebelum berkendara. Ini sangat penting untuk menyamankan posisi duduk sebelum berkendara. Kamu bisa menyesuaikan posisi jok mobil agar bisa kaki bisa menginjak pedal dengan nyaman.

Posisikan juga kemudi agar bisa enak saat berbelok. Pastikan masih ada sudut di siku tangan agar bisa leluasan mengendalikan kemudi.

Selain itu, atur spion, baik luar maupun dalam dengan baik. Spion mobil harus mengarah ke bagian kaca belakang mobil agar bisa melihat kendaraan yang berada tepat di belakang mobilmu. Spion samping juga harus bisa mengakomodasi bagian yang tak terlihat dari kaca spion dalam.

Fungsi kaca spion luar adalah perpanjangan jarak pandang dari spion dalam. Kalau masih melihat objek yang sama dengan spion dalam, spion bagian luar harus dibuka lebih lebar agar bisa melihat yang lebih luas.

© Dream
2 dari 5 halaman

2. Nyalakan Radio atau Musik yang Cocok

Menyalakan radio atau musik bisa membuatmu tetap berkendara dengan aman dan menghindari kebosanan saat mengemudi. Radio bisa menjadi pilihan terutama saat kamu menyetir sendirian. Suara dari penyiar radio bisa membuatmu merasa ada teman yang menemanimu berkendara.

Saat memilih untuk mendengarkan musik, pilihlah musik yang sesuai dengan kondisi dan waktu perjalanan. Untuk perjalanan di siang hari di kala macet, musik lembut seperi jazz, klasik, atau pop bisa membuatmu lebih rileks.

Saat suasana cukup hening atau sedang berkendara di tengah malam, mendengarkan musik yang cenderung keras dan bertempo cepat seperti rock, metal, atau elektronik bisa membangkitkan energimu. Tujuannya agar kamu tak mengantuk dan lelah.

3 dari 5 halaman

3. Jangan Main Ponsel

Menggunakan ponsel saat berkendara sungguh berbahaya. Lebih baik taruh ponsel dan jangan gunakan sama sekali saat berkendara.  Kalau mau menelepon atau membalas pesan, tepikan dulu mobil. Selesaikan urusan, setelah itu lanjutkan berkendara.

Jika kamu memutuskan untuk membuka ponsel saat lampu merah, pastikan lampu merahnya masih menyala cukup lama. Cara ini tidak akan mengganggu pengendara lain yang berada di belakang saat tiba-tiba lampu hijau sudah kembali menyala. 

Hindari juga merekam video untuk konten di sosial media karena itu sangat berbahaya. Fokusmu akan terbagi sehingga perhatianmu ke jalan akan terganggu dan bisa menyebabkan kecelakaan.

© Dream
4 dari 5 halaman

4. Hindari Percakapan yang Bisa Menimbulkan Emosi

Mengobrol saat berkendara memang menyenangkan. Banyak obrolan seru terjadi saat berada di dalam mobil.

Hindarilah obrolan yang bisa mengarah ke pertengkaran, seperti yang biasanya terjadi saat berkendara. Kamu yang terbawa emosi bisa melampiaskan emosi ke gaya berkendaramu.

Emosi ini bisa membahayakan karena berkendara dalam keadaan emosi akan membawa pengemudi ke arah ugal-ugalan. Berhenti dulu untuk menenangkan diri dan lanjutkan kembali kalau sudah yakin kamu tak terbawa emosi lagi.

5 dari 5 halaman

5. Bawa Cemilan dan Air Minum Saat Berkendara

Ngemil bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kebosanan saat berkendara. Jangan lupa membawa cemilan yang mudah dibawa untuk dimakan saat berkendara.

Makanan ini bisa menghindarkan kamu dari kantuk. Ini juga bisa meningkatkan fokus berkendara, lho.

Bagi yang tidak suka ngemil, permen karet bisa menjadi solusi karena juga bisa membuatmu tetap fokus saat berkendara. Air minum juga perlu kamu sediakan di dalam mobil agar tetap terhidrasi dan konsentrasi.

© Dream