Ada Lagi, Cara Pengendara Beri Jalan Ambulans Ini Lebih Menakjubkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 Agustus 2018 06:01
Ada Lagi, Cara Pengendara Beri Jalan Ambulans Ini Lebih Menakjubkan
Mereka memberikan jalan agar ambulans bisa melintas.

Dream – Mungkin salah satu momen paling mengesalkan sat berkendara adalah para pengendra mobil yang tak mau memberikan jalan untuk ambulans melintas. Dengan suara sirine meraung-raung, sopir ambulans memberi peringatan agar diberi jalur melintas.

Di Indonesia aturan ambulans memiliki hak utama untuk didahulukan melintas sebetulnya sudah tertuang di pasal 134 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sayangnya ketentuan itu ini kerap dilanggar. Pengemudi mobil acapkali tak memberikan ruang bagi ambulans untuk melintas terlebih dahulu. Alasannya memang bisa diperdebatkan. Namun jika masih bisa memberi jalur, sebaiknya memberikan jalur untuk ambulans melintas.

Para pengendara di Indonesia harus pada pemilik mobil di Rusia.

Di negara ini, pengguna mobil tak keberatan mempersilakan ambulans untuk melintas. Malah, mereka memberi jalan.

1 dari 2 halaman

Menepi di Kedua sisi

Seorang pengguna Instagram berakun @agoez_bandz, mengunggah video “etika” lalu lintas di Rusia. Di Negeri Beruang Merah, pengemudi mobil menepikan kendaraannya di sepanjang sisi jalan. Mereka sengaja mengosongkan bagian tengah jalan agar ambulans bisa melaju dengan lancar.

“Pemandangan keren di negara Rusia. Kalau di Indonesia, ajak ribut dulu baru mau minggir. Semoga bisa diikuti di Indonesia, ya, gaes,” tulis @agoez_bandz.

 

 

Pemandangan keren di negara Rusia👍👍 Klo di Indonesia ajak ribut dulu baru mau minggir.. . Semoga bisa di ikuti di indonesia yaa gaes😊 . . . Video : @racinglovestory

A post shared by Agoez Bandz (@agoez_bandz) on

2 dari 2 halaman

Tanggapan Warganet

Melihat video itu, warganet memberikan tanggapan yang beraneka ragam. Ada yang berpendapat situasi itu amat sangat mustahil diterapkan di Indonesia.

“ Boro-boro di kita kayak gini. Jalur kosong sedikit saja langsung masuk,” tulis @arsad_riki.

“ Beda negara beda ceritanya... Karena kesadaran warga Indonesia masih di bawah rata-rata… Kalau ada ambulans bukannya minggir… Malah dihalang-halangin,” tulis @rei_yoshida.

“ Tadi pas di tol, persis ambulan mau lewat. Orang depan dibel, baru minggir ke kanan. Nggak denger apa gimana, ya? Padahal suaranya sudah kenceng kayak pakai toa -_-. Kesumbet korek kuping kali ya kupingnya,” tulis @muhammadfahreza_a.

Namun, ada juga warganet yang berharap perilaku berkendara ini juga “ menular” ke Indonesia.

“ Ya Allah, kapan Indonesia bisa kayak gini? Bener-bener deh toleransinya luar biasa banget di Rusia ini,” tulis @turonggo_zulva_sehun.

“ Mudah-mudahan di Indonesia bisa kayak gini juga,” tulis @whyhidayatullah.

Namun, ada seorang warganet yang memberikan penjelasan. Warganet berakun @irvan_clooney mengatakan video ini menunjukkan situasi jalanan yang tengah macet.
“ Itu pas macet. Emang peraturannya,” tulis @irvan_clooney.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen