KPK: Kemenag Harusnya Jadi Kementerian Contoh

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 19 Maret 2019 11:02
KPK: Kemenag Harusnya Jadi Kementerian Contoh
KPK berharap kementerian ini segera berbenah.

Dream Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyayangkan kasus suap jabatan yang terjadi di Kementerian Agama (Kemenag). KPK menyebut seharusnya instansi pemerintah itu jadi contoh yang baik.

“ Kemenag harusnya (menjadi) kementerian yang paling bersih dan harus jadi contoh bagi KPK,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M. Syarif, di Jakarta, kemarin. 

Laode mengharapkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, memperbaiki sistem tata kelola di lingkungan kerjanya. Tujuannya agar praktik korupsi di lembaga yang mengurusi dunia dan akhirat itu bersih dari praktik negatif.

“ Menag sebelumnya, (Surya Darma Ali) tersangkut juga, kan, untuk kasus haji,” kata dia.

Pada penggeledahan Senin malam, KPK mengamankan uang ratusan juta di ruang kerja Menag. Uang tersebut terbagi dalam pecahan rupiah dan dolar AS.

Dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK menggeledah tiga ruangan yakni ruang kerja Menag, ruang Sekjen Kemenag, ruang Tata Kelola Birokrasi Kepegawaian.

Selain uang, penyidik juga mengamankan beberapa dokumen terkait rekrutmen pegawai. Setelah menggeledah, penyidik KPK keluar dari Gedung Kemenag membawa dua koper besar berwarna hitam. (ism) 

1 dari 1 halaman

KPK Sita Uang Ratusan Juta dari Ruang Kerja Menteri Agama

Dream - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengatakan, penyidik menyita sejumlah uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat dari ruang kerja Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

" Kami temukan juga dari ruangan Menteri Agama, termasuk juga disita dari ruangan Menteri Agama sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan dolar dengan nilai seratusan juta rupiah," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin 18 Maret 2019.

Febri mengaku belum mengetahui secara pasti apakah uang tersebut terkait atau tidak dengan kasus suap pengisian jabatan yang menjerat mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy.

" Saya belum mendapatkan informasi yang lebih teknis terkait dengan hal itu, yang bisa kami sampaikan tentu update dari proses penggeledahan yang dilakukan hari ini," ucap dia.

Selain ruang kerja Lukman Hakim, penyidik juga turut menggeledah ruang Sekjen Kemenag dan ruang Kelola Biro Kepegawaian.

Selain uang, sejumlah dokumen terkait proses seleksi kepegawaian juga turut disita oleh penyidik. " Detailnya tentu akan di-update lebih lanjut," kata Febri.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie