Ini Makna Logo HUT Kemerdekaan RI ke-70

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 17 Agustus 2015 08:30
Ini Makna Logo HUT Kemerdekaan RI ke-70
Meskipun terbilang sederhana, logo itu setidaknya mampu mewakili semangat kebaruan. Ornamen simbolisasi banyak melekat pada logo tersebut.

Dream - Pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Indonesia ke-70 ini ada yang sedikit berbeda. Perbedaan itu ditemukan pada logo HUT yang terbilang lebih segar, ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Pada perayaan HUT tahun-tahun, sebelumnya logo HUT RI selalu didominasi bendera merah putih. Tahun ini bendera merah putih tidak terlihat.

Sebagai gantinya, warna merah dan putih diaplikasikan pada logo HUT RI. Pengaplikasian itu terlihat pada lingkaran merah dan warna putih sebagai latarnya.

Di dalam lingkaran terdapat angka 70 menyerupai kepala burung garuda berjambul. Di atas lingkaran terdapat tulisan 'Indonesia Merdeka'. Adapun di bawah logo juga terdapat tulisan berwarna merah 'Ayo Kerja'.

Meskipun terbilang sederhana, logo itu setidaknya mampu mewakili semangat kebaruan. Ornamen simbolisasi banyak melekat pada logo tersebut.

Jika diurai, dalam logo itu akan tampak angka tujuh yang menggambarkan kepala burung garuda dan sayap, serta angka nol membentuk sayap. Adapun jumlah sayap pada masing-masing angka tujuh dan nol berjumlah empat dan lima menunjukkan tahun 45. Tahun itu merujuk pada tahun kemerdekaan negara Indonesia.

Logo yang dibuat oleh Shafiq Muljanto dan Haryaman Wibowo dari Dentsu Strat itu pertama kali diperkenalkan saat Presiden Joko Widodo saat berada KM 0 di Sabang, Aceh, Selasa, 10 Maret 2015.

Menurut pidato yang dibacakan Presiden Jokowi di hari itu, peluncuran logo HUT RI di titik nol kilometer Indonesia sebagai penanda perencanaan Indonesia di masa depan.

" Mari kita taruh cita-cita dan mewujudkannya. 70 tahun Indonesia merdeka adalah rahmat yang tak ternilai dari Allah Yang Kuasa," kata Presiden Jokowi seperti dikutip Dream dari laman setkab.go.id.

Beri Komentar