CONNECT WITH US!

Peringkat Negara Teraman Dunia, Ini Posisi Indonesia

Reporter : Eko Huda S | Minggu, 16 Agustus 2015 14:00
Jakarta, Indonesia. (Wikipedia)

Dream - Lembaga riset Value Penguin mengeluarkan ranking kota-kota paling aman di dunia. Sebanyak 195 lebih negara menjadi objek penelitian. Namun, hanya 107 yang masuk peringkat. Sisanya tidak dicantumkan karena kekurangan sumber informasi.

Lembaga yang berbasis di New York, Amerika Serikat, itu mengklaim data yang dijadikan dasar peringkat kota teraman ini berasal dari berbagai sumber kredibel. Setidaknya ada tujuh poin yang menjadi indikator “ Nilai Keamanan”.

Indikator–indikator tersebut adalah populasi, emisi karbon dioksida (CO2), jumlah personel polisi per 100 ribu penduduk, tingkat kematian akibat kecelakaan per 100 ribu penduduk, pencurian per 100 ribu penduduk, dan tingkat harapan hidup dalam setahun. Ketujuh indikator dipilih karena berhubungan dengan keamanan sehari-hari penduduk.

Indikator-indikator itu sebagian besar diambil dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bank Dunia. Dalam peringkat yang dikeluarkan Value Penguin itu, negara yang lebih aman mendapat rata-rata “ skor keamanan” lebih rendah dari negara yang kurang aman.

Berdasar peringkat itu, Singapura menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam lima besar negara paling aman. “ Negeri Singa” ini nangkring di peringkat ke dua dengan skor 37. Berada di bawah Swiss yang menjadi negara paling aman dengan skor 37.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Untuk mengetahui peringkat Indonesia dalam daftar negara paling aman, buka halaman berikutnya: (Sumber: Value Penguin)



Gracia Indri Sebut Ada KDRT, Begini Reaksi David NOAH