Video Kepanikan Warga Malang Diguncang Gempa M 5,3

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 22 Oktober 2021 11:30
Video Kepanikan Warga Malang Diguncang Gempa M 5,3
Gempa cukup kuat dirasakan warga.

Dream - Kawasan Malang, Jawa Timur, kembali diguncang gempa. Kali ini, gempa bermagnitudo 5,3 sempat membuat kepanikan masyarakat yang berhamburan keluar dari rumah..

Informasi dari BMKG melalui akun Instagram @infobmkg melaporkan gempa terjadi pukul 09.21 WIB di Selatan Jawa Timur. Titk gempa berada di jarak 75 Km selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, dengan kedalaman 98 Km.

" Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia," demikian keterangan BMKG.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki pergerakan naik turun. Sementara guncangan gempa dirasakan di daerah Blitar III-IV MMI, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek II-III MMI.

" Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," tulis BMKG.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BMKG (@infobmkg)

1 dari 3 halaman

Lari ke Luar Ruangan

Kuatnya guncangan gempa dirasakan warga Malang saat beraktivitas. Warga pun berhamburan keluar bangunan.

" Posisi saya sedang duduk bersila di kursi, tiba-tiba kursi yang saya duduki seperti bergerak. Saya dan beberapa orang langsung lari ke luar," ujar warga Malang, Umi Qoidah.

Saat gempa, Umi sedang berada di kantornya. Dia sempat berteriak begitu gempa terjadi, dan mengajak rekan-rekan kerjanya menyelamatkan diri.

" Kejadiannya begitu cepat, teman saya juga sebagian tidak merasa, ikut lari. Tetapi ada juga yang merasa kursinya bergerak," kata Umi, dikutip dari Merdeka.com.

Sementara laman Twitter juga ramai dengan laporan tentang efek gempa yang terjadi di saat sebagian masyarakat sedang beraktivitas. Salah satunya adalah kepanikan guru dan orang tua yang sedang menghadiri rapat di gedung Graha Semaloka SMAN 1 Sumberpucung, Malang. 

" Di sekolah lg ada rapat. Eh ada gempa langsung bubar wkwkwk," tulis pemilik akun @r***ah.

Gempa juga sempat membuat kegiatan sekolah online terganggu. Seorang netizen mengaku merekam detik-detik saat proses belajar yang terhenti karena guru yang memberikan pelajaran keluar dari ruangan. 

" Innalilahi gempa tadi terekam live streaming kelas," tulis akun @rulia****id.

2 dari 3 halaman

Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 4,8 Dirasakan Sampai Yogyakarta

Dream - Pacitan, Jawa Timur, siang ini diguncang gempa dengan magnitudo 4,8. Guncangan dirasakan hingga beberapa daerah di Jawa Timur, bahkan mencapai Yogyakarta.

" Hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 WIB wilayah Kabupaten Pacitan, Yogyakarta dan sekitarnya diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo M4.8.," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika, Daryono, di Instagram @daryonobmkg.

Daryono mengatakan, episenter gempa berada di laut pada jarak 78 Kilometer barat daya Pacitan. Titik gempa ada di kedalaman 55 Km.

" Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa," kata dia.

3 dari 3 halaman

Terasa Hingga Yogyakarta

Dampak gempa cukup luas. Getaran bahkan mencakup sejumlah kabupaten.

" Guncangan gempa ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Trenggalek, Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta, Klaten dan beberapa tempat lainnya," tulis Daryono.

Dia menambahkan, tidak ada aktivitas gempa susulan setelah kejadian. Ini berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 12.51 WIB.

      View this post on Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh DARYONO BMKG (@daryonobmkg)

Beri Komentar