8 Manfaat Mangrove bagi Kehidupan, Harus Dijaga Tetap Lestari

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 13 Mei 2022 17:00
8 Manfaat Mangrove bagi Kehidupan, Harus Dijaga Tetap Lestari
Hutan mangrove sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup serta lingkungan,

Dream – Hutan mangrove biasanya dijumpai di daerah pantai. Di mana deretan pohon bakau dengan akar-akarnya yang muncul di permukaan itu memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya di sekitar. Keberadaan akar-akar bakau tersebut memiliki kekuatan yang baik dan berguna untuk mencegah terjadinya abrasi.

Kondisi laut yang sering mengalami pasang-surut, hal ini akan bisa teratasi berkat akar-akar dari hutan mangrove tersebut. Tak hanya itu saja, keberadaan hutan mangrove juga menjadi habitat bagi beberapa jenis ikan dan hewan lainnya serta tempat mereka berburu makanan.

Oleh karena itulah, tak sedikit dari komunitas yang mengajak para anggotanya untuk menanam pohon bakau karena menyadari ada banyak sekali manfaat mangrove bagi alam dan juga kehidupan makhluk hidup.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat mangrove yang perlu kamu ketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

 

1 dari 4 halaman

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan© Unsplash.com

Menjaga Keanekaragaman Hayati

Manfaat mangrove yang pertama adalah menjaga keanekaragaman hayati. Di mana hutan mangrove telah menjadi habitat dari berbagai jenis hewan. Misalnya saja ikan, kepiting, kerang, bahkan burung. Bahkan di tempat itulah hewan-hewan tersebut bisa berkembang biak sehingga bisa mencegah dari kepunahan.

Perlu sahabat Dream ketahui juga bahwa terdapat sekitar 80 persen tangkapan ikan dunia yang bergantung pada keberadaan hutan mangrove. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Menjaga Kualitas Air

Manfaat mangrove yang berikutnya adalah menjaga kualitas air. Menyadari bahwa air adalah hal yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Apalagi manusia yang membutuhkan air di setiap aktivitas hariannya. Dan hewan juga membutuhkan air untuk minum agar bisa tetap bertahan hidup.

Air yang baik dan sehat adalah air yang kualitasnya terjaga. Nah, keberadaan hutan mangrove dengan akar-akarnya yang padat serta vegetasi di sekitar, hal itu akan sangat membantu untuk memfilter serta menjebak sedimen logam berat, dan polutan.

Inilah yang nantinya mampu melindungi habitat-habitat yang sensitif, misalnya saja terumbu karang serta padang lamun yang ada di bagian bawahnya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan© Unsplash.com

Pertahanan bagi Pantai

Garis pantai bisa saja berkurang akibat terjadinya erosi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka memerlukan adanya penghalang agar kondisi garis pantai tetap stabil. Nah, penghalang alami yang bisa melindungi dari datangnya gelombang, banjir, badai, dan angin topan adalah hutan mangrove. Oleh karena itu, upaya pelestarian hutan mangrove haruslah terus digalakkan demi menjaga daerah pantai.

Menyimpan Karbon

Manfaat mangrove lainnya adalah sebagai tempat menyimpan karbon. Hal ini karena hutan mangrove mampu menyerap karbon dengan kecepatan dua sampai empat kali lebih besar dibanding dengan hutan tropis dewasa serta mampu menyimpan air sampai lima kali lebih banyak karbon per area setara daripada hutan tropis.

Nah, ini menjadi bukti bahwa penting sekali untuk menjaga keberadaan hutan mangrove dalam upaya melawan kehadiran perubahan iklim yang terjadi dan pemanasan global yang terjadi karena meningkatnya emisi karbon. Di mana kondisi ini membawa bencana bagi masyarakat di dunia.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan© Unsplash.com

Sebagai Mata Pencaharian

Masyarakat yang tinggal di daerah pantai, biasanya akan menggantungkan hidup pada alam yang ada di sekitarnya. Ya, mereka menjadi nelayan dengan mencari ikan di lautan yang nantinya akan dijual. Tak hanya itu saja, keberadaan hutan mangrove juga mendatangkan keuntungan bagi masyarakat karena bisa menjadi tempat mereka untuk mencari hewan laut juga.

Selain mencari ikan, masyarakat juga bisa Bertani karena kondisi tanah yang subur. Bisa dibayangkan jika hutan mangrove rusak, maka ada berapa banyak orang yang menggantungkan hidup di tempat tersebut harus kehilangan mata pencahariannya. Sedangkan mereka juga harus menafkahi keluarganya. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu memerhatikan dengan baik kondisi hutan mangrove agar tetap bertahan.

Sumber Material

Masyarakat yang hidup di sekitar pantai tidak hanya memanfaatkan hutan mangrove sebagai mata pencahariannya saja. Tetapi juga bisa memanfaatkan hutan mangrove tersebut untuk memenuhi kebutuhan bangunan dan juga pengobatan.

Hutan mangrove memiliki potensi sebagai sumber biologis baru, misalnya saja senyawa antibakteri dan gen tahan lama. Di mana sebagian besarnya belumlah ditemukan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan

Manfaat Mangrove bagi Kehidupan© Unsplash.com

Pembangunan Berkelanjutan

Hutan mangrove yang terjaga dengan baik, hal ini sangat berguna untuk pembangunan berkelanjutan. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa hutam mangrove yang ada di El Salvador memiliki potensi yang belum tergali untuk mendatangkan pendapatan yang berkelanjutan. Tak terkecuali ekowisata, olahraga , memancing, serta aktivitas yang berhubungan dengan pariwisata lainnya.

Berlindung dari Badai

Manfaat mangrove juga bisa menjadi pelindung datangnya badai. Di mana dataran lumpur pasang-surut akan menyediakan area penyangga yang mampu untuk melindungi tanah dari terjadinya kerusakan karena angin dan gelombang. Sedangkan hutan-hutan mangrove yang ditebangi, lalu dijadikan sebagai area tambak udang, hal ini justru membuatnya semakin rentan terhadap serangan badai siklon dan gelombang yang berisiko merusak Kawasan tersebut.

Beri Komentar