Manfaat Sholat Dhuha Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan Menurut Hadis Nabi

Reporter : Sugiono
Rabu, 4 September 2019 10:02
Manfaat Sholat Dhuha Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan Menurut Hadis Nabi
Manfaat utama sholat Dhuha adalah untuk menghapus dosa sebanyak buih lautan. Selain itu, masih ada manfaat sholat dhuha menurut hadis yang mungkin jarang diketahui.

Dream - Sholat merupakan ibadah utama dalam Islam. Selain sholat fardhu (wajib) yang dikerjakan lima waktu. Islam juga mengenal sholat sunnah yang bisa diamalkan oleh setiap muslim.

Salah satu sholat sunnah yang paling populer di kalangan umat Islam adalah sholat dhuha yang merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Penyebabnya, terdapat beberapa keutamaan dalam sholat ini.

Banyak sekali dalil dalam hadis yang menunjukkan manfaat sholat dhuha. Yang paling utama dari manfaat sholat dhuha adalah untuk meminta ampuna dosa meski sebanyak buih di lautan.

Hukum sholat dhuha adalah sunnah muakkad. Artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri melakukannya.

" Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, 'Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan sholat witir." (Muttafaqun ‘Alaih, Al-Bukhari No. 1981, Muslim No. 721)

 Keistimewaan Shalat Dhuha

Cara mengerjakan sholat dhuha minimal dua rakaat, atau bisa sampai maksimal dua belas rakaat. Jika lebih dari dua rakaat, maka masing–masing dua rakaat sholat dhuha diakhiri dengan satu salam.

Sholat dhuha dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah (Munfarid). Dalam tata cara sholat dhuha, ada doa-doa tertentu yang dibacakan setelah mengerjakannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri terkadang mengerjakan sholat dhuha 4 rakaat. Tetapi beliau pernah melaksanakan sholat dhuha hingga 8 rakaat. Ini sesuai dengan hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berikut:

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib, " Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan sholat dhuha sebanyak 8 rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucap salam." (HR. Abu Dawud)

Karena sangat dianjurkan, maka sudah selayaknya umat Islam mengetahui manfaat sholat dhuha yang pahalanya seperti orang mengerjakan umrah.

Bahkan, meski menjadi Nabi dan dijamin masuk surga, Rasulullah tetap saja mengerjakannya. Apalagi umatnya yang lebih membutuhkan manfaat sholat dhuha.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat sholat dhuha untuk menghapus dosa sebanyak buih lautan.

1 dari 7 halaman

Manfaat Sholat Dhuha untuk Menghapus Dosa Sebanyak Buih Lautan

Sholat dhuha termasuk salah satu dari sholat sunah yang dianjurkan. Terdapat banyak dalil, baik dari Alquran dan hadis yang menegaskan manfaat sholat dhuha.

 Keistimewaan Sholat As'har

Jika ingin mendapat manfaat sholat dhuha, maka Sahabat Dream sebaiknya tetap duduk dengan khusyu dan konsentrasi setelah mengerjakannya.

Setelah itu memperbanyak dzikir seperti istighfar, sholawat, tasbih dan tahmid. Kemudian bisa dilanjutkan dengan membaca salah satu doa sholat dhuha yang paling populer berikut ini:

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Doa di atas bukan dari hadis Nabi. Tetapi dicantumkan Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj. Doa ini juga disebutkan oleh Ad Dimyathi dalam I’anatuth Thalibiin.

Sebenarnya, doa sholat dhuha tidak dibatasi dengan doa ini saja. Sahabat Dream bisa berdoa apa saja, termasuk doa sapu jagat.

Manfaat utama sholat Dhuha adalah untuk menghapus dosa sebanyak buih lautan. Hal ini seperti tertuang dalam Hadis Riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah.

" Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat sholat dhuha menurut hadis yang mungkin jarang diketahui. Berikut adalah manfaat sholat dhuha seperti yang disebutkan dalam hadis Nabi.

2 dari 7 halaman

Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha Menurut Hadis Nabi

1. Sholat Dhuha 2 Rakaat Senilai 360 Sedekah

Manfaat sholat dhuha dua rakaat memiliki nilai yang sama dengan 360 sedekah. Hal itu tertuang dalam hadis Abu Dawud berikut ini.

 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh Manusia

" Rasulullah bersabda, 'Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.'' Mereka (para sahabat) bertanya, 'Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?'

Beliau menjawab, 'Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu'." (HR. Abu Dawud)

Di hadis lainnya, Rasulullah juga menyebut bahwa sholat dhuha bisa menjadi sedekah.

" Rasulullah bersabda, 'Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua raka’at'." (HR Muslim)

3 dari 7 halaman

2. Tidak Dimasukkan Dalam Golongan Orang Lalai

Manfaat sholat dhuha selanjutnya adalah tidak dimasukkan dalam golongan orang lalai atau lengah dalam mencari rahmat Allah. Salah satu cara agar terhindar dari sifat lalai adalah mengerjakan sholat dhuha.

" Rasulullah bersabda, 'Orang yang mengerjakan sholat dhuha tidak termasuk orang lalai'." (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i)

4 dari 7 halaman

3. Dianggap Sebagai Sholat Awwabin

Manfaat sholat dhuha berikutnya adalah dianggap sebagai sholat Awwabin. Ini adalah sholatnya orang-orang yang taat. Artinya, jika Sahabat Dream rutin menjalankan sholat dhuha, maka akan dicatat sebagai golongan orang yang taat.

 Hikmah di Balik Berwudhu

Keterangan ini telah dijelaskan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, yang berkata, " Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya: agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan sholat witir, agar aku tidak meninggalkan dua rakaat sholat Dhuha karena ia adalah sholat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

5 dari 7 halaman

4. Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga

Mereka yang rajin mengerjakan sholat dhuha maka akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga.

 Doa untuk Memohon Jalan Keluar Terbaik dalam Perselisihan

 

Hal ini sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam: " Barang siapa yang sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (Shahih al-Jami’ No. 634)

6 dari 7 halaman

5. Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

Keutamaan sholat dhuha yang sebelumnya telah didahului sholat subuh berjamaah dan dzikir hingga terbit Matahari adalah seperti mendapat pahala seperti orang pergi haji dan umroh.

 Kabah

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: " Barangsiapa melaksanakan sholat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh." (HR. Tirmidzi No. 586)

7 dari 7 halaman

6. Dicukupkan Rezeki

Dalam hadits qudsi, Allah akan mencukupkan rezeki hamba-hamba-Nya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

 Jamaah Haji Kuba: Saya Gemetar Melihat Kabah

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, " Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." (HR. Ahmad).

Begitu luar biasa manfaat sholat dhuha jika dilakukan secara rutin. Ini semua menunjukkan bahwa sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham