Keutamaan Sholat Dhuha Jika Dilakukan Setiap Hari

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 27 Agustus 2018 12:02
Keutamaan Sholat Dhuha Jika Dilakukan Setiap Hari
Rakaat yang ditunaikan juga minimal dua rakaat.

Dream - Selain sholat lima waktu yang wajib dilakukan umat Muslim, ada sholat sunnah yang bisa Sahabat Dream lakukan dengan mudah.

Dilaksanakan pada waktu dhuha yang mana ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit sampai waktu zuhur tiba.

Cukup dua rakaat minimal yang harus dijalankan, berikut beberapa surat baik yang bisa kamu baca ketika melakukan sholat dhuha:

1. Surat Al-Waqiah
2. Surat Asy-Syams
3. Surat Ad-Duha
4. Surat Al-Kafirun
5. Surat Quraisy
6. Surat Al-Ikhlas

 shutterstock

Foto; Shutterstock

Rasulullah SAW pernah berkata melalui HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad jika sholat dhuha ditunaikan di tiap harinya akan mendapat banyak keuntungan, " Siapa saja yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan" .

Rupanya tak hanya itu, sholat dhuha juga punya segudang manfaat jika dilakukan setiap hari. Apa saja keutamaan itu? Yuk baca lengkapnya di sini.

Kirimkan kisah inspiratif ala kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

(ism)

1 dari 3 halaman

Dandan Sebelum Sholat, Bagaimana Hukumnya?

Dream - Setiap kali hendak keluar rumah, seseorang pasti ingin tampil sempurna. Ini agar enak dilihat ketika berada di tempat umum.

Mereka kemudian berdandan rapi dan mengenakan pakaian terbaiknya. Terutama wanita, ada kecenderungan untuk selalu terlihat cantik.

Jika dandan dilakukan untuk keluar rumah baik liburan maupun bekerja, bagaimana hukumnya apabila untuk sholat?

Dikutip dari bincang syariah, para ulama menghukumi dandan sebelum sholatadalah sunah. Asalkan niatnya agar khusyuk dan terlihat rapi ketika menghadap Sang Kuasa, bukan karena kesombongan.

Dandan sebelum sholat bisa berubah menjadi haram apabila niatnya untuk sombong atau takabur. Sebab, hanya Allah SWT saja yang berhak sombong.

Dalam hadis riwayat Al Baihaqi, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Dari Nafi, dari Abdullah, dan Nafi’ tidak mengetahui Abdullah (mendapatkan hadis ini) kecuali dari Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, 'Jika salah satu darimu sholat, maka pakailah dua helai baju, karena Allah SWT. lebih berhak kepada orang yang berhias untuknya. Maka jika kamu tidak memiliki dua baju, hendaklah memakai sarung ketika sholat. Dan janganlah salah satu di antara kamu berkemul di dalam sholatnya seperti berkemulnya orang Yahudi."

Hadis di atas menjelaskan tentang anjuran berhias sebelum sholat. Seseorang patut mempersiapkan diri dengan pakaian terbaik dan suci sebelum melaksanakan sholat agar lebih dekat kepada Allah SWT.

Selengkapnya...

2 dari 3 halaman

Dirikan Shalat Ini, Insya Allah Keinginan Terkabul

Dream - Bicara cita-cita dan keinginan, setiap manusia pasti menginginkan segala nikmat Allah SWT yang ditebarkan-Nya di dunia.

Tapi Allah SWT sudah memporsikan segala nikmat untuk para umat-Nya sesuai kemampuannya. Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar dan tak henti memanjatkan doa agar semua keinginan bisa dikabulkan Yang Maha Kuasa. 

Sahabat Dream pernah merasa keinginannya belum terkabulkan padahal sudah tak henti memanjatkan doa usai menjalankan sholat?

  shutterstock

Sangat dianjutkan agar keinginan bisa terkabul kamu melakukan sholat hajat. Anjuran untuk melakukan sholat sunnah dua rakat ini disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Ahmad.  " Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah Ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat."

Selain itu, ada keutamaan lain ketika menjalan salat hajat ini. Apa manfaat itu? Baca lengkapnya di sini.

3 dari 3 halaman

Kenikmatan Sholat Subuh yang Jarang Dirasakan

Dream - Di sini siapa yang sering banget melewatkan waktu sholat subuh? Saat waktu subuh tiba, tak jarang kita masih terlelap dalam tidur. Padahal, suara azan sudah berkumandang.

Untuk beranjak dari kasur dan mengambil air wudhu pun rasanya berat sekali. Padahal sholat subuh adalah waktu yang sangat tepat untuk bersyukur kepada Sang Pencipta Allah SWT.

  shutterstock

Bersyukur karena masih diberi kesempatan bernafas dengan lega, penglihatan dengan jelas, dan kesehatan sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari.

Seperti yang terkandung dalam Al Qur'an Surat Al An'am ayat 60, " Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan."

Lantas manfaat apalagi yang bisa kita dapatkan ketika menjalani sholat subuh? Simak lengkapnya di sini.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone