Doa Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 25 November 2020 09:10
Doa Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya
Doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah yang harus kamu ketahui

Dream- Sholat Dhuha merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa salam. Setelah melaksanakan ibadah itu, ada doa setelah sholat Dhuha yang bisa diamalkan. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan di waktu pagi hari atau waktu dhuha.

Waktu dhuha sendiri dimulai saat matahari telah naik setinggi tombak. Hal ini sesuai dalam hadits Nabi Muhammad dalam riwayat At Tirmidzi, An Nasa'i dan Ibnu Majah, seperti di bawah ini

Dari Ali RA ia berkata, " Rasulullah SAW mengerjakan sholat dhuha dengan enam rakaat pada dua waktu. (1) ketika matahari terbit kira-kira lima belas menit, Nabi SAW sholat dua rakaat (disebut juga sholat isyraq), (2) ketika matahari bersinar penuh menghiasi kira-kira seperempat langit dan masih berada pada sisi Timur, Nabi SAW sholat empat rakaat."

Keutamaan sholat dhuha tentu sudah diketahui oleh segelintir orang. Keutamaan sholat dhuha antara lain akan dicukupkan rezeki bagi orang yang mengerjakannya, berpahala seperti orang pergi haji dan umrah, termasuk bagian dari sedekah, dibangunkan sebuah rumah di surga, hingga sarana untuk memohon pengampunan dosa.

Hukum mengerjakan sholat dhuha adalah sunnah muakkad. Artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri melakukannya dan menjadikannya sebagai suatu wasiat.

Rasulullah SAW memberikan wasiat kepada umat Islam untuk menegakkan sholat Dhuha. Dari Abu Hurairah Ra berkata:

“ Kekasihku Rasulullah SAW telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat sholat Dhuha, dan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah selesai sholat Dhuha disunahkan untuk melaksanakan dzikir dan doa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk kamu yang belum mengetahui bagaimana doanya, berikut doa setelah sholat dhuha yang benar.

1 dari 3 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

Dikutip dari buku 'The Ultimate Power of Shalat Dhuha' karya Ust Zezen Zainal Alim, setelah selesai sholat Dhuha dianjurkan untuk membaca doa yang bersumber dari Al Quran dan sunnah. Umat Islam juga diperkenankan membaca doa sesuai kebutuhan dann situasi yang tengah dihadapi.

Adapun, doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah diriwayatkan An Nasa'i dari Aisyah RA, ia berkata " Rasulullah SAW telah sholat dhuha, kemudian beliau bersabda (dengan doa),

ALLAHUMMAGHFIRLI WA TUB 'ALAYYA INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIMU

Artinya:  'Ya Allah, ampunilah aku dan maafkan lah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun'.

Beliau mengucapkan doa tersebut sampai seratus kali. Selain itu, dalam al Targhib wa al Tarhib karya Al Mundziri, doa setelah sholat dhuha yang juga bisa dibaca, seperti di bawah ini.

ALLAHUMMA INNADH DHUHAA'A DHUHAA'UKA WAL BAHAA'A BAHAA'UKA WAL JAMAALA JAMAALUKA WA QUWWATA QUWWATUKA WAL QUDRATA QUDRATUKA WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS SAMAA 'I FA ANZILHU WAIN KAANA FIL ARDHI FA AKHRIJHU WA IN KAANA MU'SIRAN FA YASSIRHU WAIN KAANA HARAAMAN FA THAHHRIHU WA IN KAANA BA'IIDAN FA QARRIBHU BIHAQQI DHUHAA 'IKA WA BAHAA 'IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA AATINII MAA AATAITA BIHI 'IBAADAKASH SHAALIHIIN

Artinya: Ya Allah, sesunguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, semua keagungan adalah keagungan-Mu, semua keindahan adalah keindahan-Mu, semua perlindungan adalah perlindungan-Mu, dan semua kekuatan adalah kekuatan-Mu. Ya Allah, jika rezeki hambaMu ini ada di langit, turunkan lah, jika (tertanam) di dalam bumi, keluarkan lah, jika rezeki itu sulit dirahi, mudahkan lah, jika haram, sucikanlah, dan jika masih jauh, dekatkan lah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Dan karuniakan lah kepada hamba-Mu ini (rezeki) yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hambaMu yang saleh.

2 dari 3 halaman

Niat Sholat Dhuha

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali. Fungsi dari mengucap niat sholat dhuha sendiri adalah untuk mengingatkan hati sehingga lebih mantap dan khusyu’ dalam menjalankan sholatnya. Membaca niat ini termasuk dalam tata cara sholat dhuha 4 rakaat.

Selain itu, niat sholat dhuha cukup dilafalkan di dalam hati saja. Karena mengucap niat sholat dhuha adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid'ah (tidak dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam). Terlepas dari perbedaan tersebut, bacaan niat sholat dhuha pada umumnya adalah

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: “ Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

3 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

Setelah mengetahui tentang niat sholat dhuha, selanjutnya penting untuk mempelajari tentang tata cara sholat dhuha. Sebelum mengetahui rangkaian akhir dalam sholat dhuha yakni doa setelah sholat dhuha. Berikut tata cara sholat dhuha yang benar dan sesuai yang dianjurkan:

  1. Membaca niat sholat dhuha
  2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surah al-Fatihah.
  5. Membaca surah pendek, diutamakan QS ad-Dhuha.
  6. Ruku dengan tumaninah.Itidal dengan tumaninah.
  7. Sujud dengan tumaninah.Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
  8. Sujud kedua dengan tumaninah.
  9. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
  10. Membaca surah al-Fatihah.
  11. Membaca surah pendek, diutamakan QS as-Syams.
  12. Ruku dengan tumaninah.
  13. Itidal dengan tumaninah.
  14. Sujud dengan tumaninah.
  15. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
  16. Sujud kedua dengan tumaninah.
  17. Tasyahud akhir dengan tumaninah.
  18. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri.
  19. Membaca doa sholat dhuha.
Beri Komentar