Melihat Lebih Dekat Pusara BJ Habibie di Samping Makam Ainun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 12 September 2019 12:00
Melihat Lebih Dekat Pusara BJ Habibie di Samping Makam Ainun
Pusara Habibie saat ini sudah disiapkan di samping makam istri tercinta, Ainun Habibie di Kavling 120...

Dream - Jenazaah BJ Habibie dijadwalkan akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.30 WIB.

Pusara Presiden Indonesia ke-3, yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, tersebut saat ini sudah disiapkan di samping makam almarhum istri tercinta, Ainun Habibie, di Kavling 120.

 Pusara Habibie

Tenda berwarna putih pun sudah disiapkan di area pusara Bapak Teknologi Indonesia itu.

Selain itu, anggota TNI dan Polri juga tengah melakukan gladi resik persiapan upacara pemakaman yang dilakukan secara militer.

 Pusara

Saat ini, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah memberi batas garis kuning di area pemakaman untuk membatasi orang masuk.

Sejumlah masyarakat juga sudah mulai masuk ke area TMP Kalibata, untuk menyaksikan prosesi pemakaman BJ Habibie.

1 dari 2 halaman

Doa Ibas: Semoga BJ Habibie Bertemu Ainun dan Ani Yudhoyono

Dream - Dua Putra Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyambangi RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Keduanya turut melepas kepergian Presiden Ketiga Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. AHY mengatakan tahun ini merupakan saat yang berat bagi bangsa Indonesia. Sebab, Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya.

" Tentu tahun ini merupakan tahun yang berat bagi kita semuanya. Kembali kita kehilangan putra terbaik bangsa, kami sekeluarga juga baru kehilangan Ibunda tercinta," ujar AHY di RSPAD.

AHY mengenal BJ Habibie sebagai negarawan yang peduli dan menaruh perhatian besar terhadap rakyat dan negara.

Senada, Ibas menyebut keluarga besar Presiden SBY menyampaikan duka cita atas meninggalnya BJ Habibie.

" keluarga besar Bapak SBY tentu berduka, prihatin dan bersedih atas kepergian dari presiden ketiga kita, Professor BJ Habibie, yang sore hari ini telah dipanggil Yang Maha Kuasa," ujar Ibas.

Dia berharap, Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosa dan menerima segala amal ibadah yang dilakukan oleh Habibie. Tak lupa, Ibas mendoakan agar Presiden ke-3 itu bisa bertemu dengan mendiang istrinya, Ainun Habibie.

" Saya yakin almarhum BJ Habibie akan bertemu dengan almarhumah Ibu Ainun dan saya doakan di dalamnya bertemu dengan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono," kata dia.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Habibie Ilmuwan Dunia

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Presiden Ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie. BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto.

" Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan Pemerintah menyampaikan duka mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie tadi jam 18.05 di RSPAD Gatot Subroto," ujar Jokowi di RSPAD, Rabu 11 September 2019.

Selain sebagai presiden Indonesia ketiga, Jokowi menilai Habibie selama ini dikenal sebagai sosok ilmuwan dunia. Presiden juga mengagumi BJ Habibie sebagai bapak teknologi Indonesia, serta presiden ketiga Republik Indonesia.

" Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 83 tahun dan nantinya dari Rumah Sakit Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyematkan harapan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

" Dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan Bapak Profesor BJ Habibie semasa hidupnya," kata Jokowi.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie