Menyusuri Kota Mati di Sukabumi, Bangunan Kastil ala Eropa Ditinggal Penghuni

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 4 September 2021 12:00
Menyusuri Kota Mati di Sukabumi, Bangunan Kastil ala Eropa Ditinggal Penghuni
Perumahan mewah bernuasana Eropa tersebut diketahui dibangun pada tahun 1998 dan selesai di awal tahun 2000an.

Dream - Jika kita berkunjung ke kawasan Selabintara, Sukabumi, Jawa Barat, maka akan bertemu dengan kompleks perumahan mewah yang telantar. Kompleks itu bak kota mati yang ditinggal semua penduduknya.

Namun kompleks yang dibangun pada 1998 hingga awal 200an itu tampaknya belum sempat dihuni manusia. Kini, bangunan-bangunan di kompleks itu banyak yang dimakat tanaman.

Dalam tayangan video YouTube Firmansyah Alfikri, terlihat rumput dan tumbuhan perdu bahkan hidup subur di tembok-tembok kokoh yang sudah usang dan berselimut lumut itu. padahal, bangunan di kompleks itu terlihat mewah dengan haya Eropa.

Penasaran seperti apa kondisinya? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Lingkungan Sejuk dan Asri

Kompleks Kota Mati Sukabumi© YouTube

Kompleks perumahan di Selabintara itu memiliki suasana yang sejuk dan asri. Lokasi perumahan itu memang berada di area perbukitan dengan pemandangan yang berhadapan langsung dengan Gunung Pangrango, Sukabumi.

" Kompleks di sini terkenal dengan nama Kota Mati Sukabumi, tapi suasana disini adem banget sih. Banyak pohon cemara, pemandangan keren," tutur sang pemilik video sambil menunjukkan lingkungan sekitar.

2 dari 5 halaman

Bangunan Mewah dengan Arsitektur Ala Eropa

Kompleks perumahan yang menyerupai kota mati tersebut sebenernya merupakan perumahan elite yang memiliki desain arsitektur bangunan ala Eropa.

Bangunan Eropa© YouTube

Pada salah satu bangunan rumah, terlihat adanya bagian atap yang dilengkapi dengan cerobong asap persis rumah di Eropa.

" Kayak bangunan-bangunan Eropa gitu enggak sih? Ada cerobong-cerobong asapnya," kata pemilik video.

3 dari 5 halaman

Ada Bangunan Menyerupai Kastil

Bangunan mirip kastil© YouTube

Selain adanya bangunan rumah bernuansa Eropa, ternyata terdapat pula sebuah bangunan menyerupai kastil dengan warna abu-abu yang mendominasi.

Karena terbengkalai, bangunan kastil tersebut dikelilingi oleh tumbuhan dan rerumputan yang menjalar sehingga terlihat merusak pondasi bangunan.

" Ini kayak sebuah ruangan besar dengan atap bolong. Di kanan dan kiri ada sebuah ruangan seperti kios. Mungkin ini dulu akan dijadikan sport club ataupun kolam renang gitu ya," jelas pemilik video menduga-duga.

4 dari 5 halaman

Ada Bangunan Seperti Masjid

Sebagai komplek perumahan, terdapat bangunan diduga masjid yang tampak terbengkalai. Adapun bangunan masjid tersebut berlokasi tepat di sebelah bangunan yang menyerupai kastil.

Bangunan seperti masjid© YouTube

" Ini seperti bangunan masjid. Bangunan masjid ini seperti masjid At Tawun di Puncak, ya," tutur pemilik video.

Diduga komplek perumahan tersebut telah kosong selama kurang lebih 20 tahun. Tak heran jika bangunan yang ada nampak kusam dikelilingi rerumputan menjalar.

5 dari 5 halaman

Berikut videonya

Beri Komentar