Mulai dari Nol, Kisah Sukses Andy F. Noya Bikin Merinding!

Reporter : Ayu Siti Rachma
Senin, 16 April 2018 09:01
Mulai dari Nol, Kisah Sukses Andy F. Noya Bikin Merinding!
Andy F. Noya menjadi salah satu bukti nyata jika ambisi dan kreativitas bisa jadi bekal meraih kesuksesan, walau berasal dari latar belakang yang kurang berada.

Dream - Masih banyak yang beranggapan untuk menjadi sukses di usia muda harus memiliki modal materi maupun pendidikan yang tinggi. Akibatnya, tidak sedikit yang terpaksa mengubur impiannya menjadi entrepreneur dalam-dalam karena harus memulai perjalanan dari nol. Namun, Andy F. Noya menjadi salah satu bukti nyata jika ambisi dan kreativitas bisa jadi bekal meraih kesuksesan, walau berasal dari latar belakang yang kurang berada.

Lahir dengan nama lengkap Andy Flores Noya, ia memiliki masa kecil yang cukup berat mengingat perceraian orangtua dan kondisi perekonomian yang kurang beruntung. Namun, tantangan tersebut tidak menghentikannya dari dunia tulis-menulis dan membaca cuku yang menjadi kegemarannya sejak kecil. Passion-nya membawa pria berdarah Ambon ini menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Publistik Jakarta. Sempat ditolak karena lulusan STM, Andy nggak menyerah dan sanggup mendapatkan izin dari rektor.

Perjalanan karirnya di bidang jurnalistik mulai terajut saat ia masih berkuliah, tepatnya saat diajak terlibat dalam penggarapan buku Apa dan Siapa Orang Indonesia oleh majalah Tempo. Di tahun yang sama, yaitu 1985, pria kelahiran Surabaya ini kemudian diajak wartawan senior, Fikri Jufri, yang melihat potensinya. Majalah Matra menjadi tempat pertama kalinya belajar tentang dunia jurnalistik surat kabar.

©instagram/kickandyshow

©instagram/kickandyshow

Setelah bertahan 7 tahun lamanya, Andy diajak Surya Paloh untuk mengelola koran Media Indonesia dan didapuk menempati posisi pemimpin redaksi Metro TV pada tahun 2000. Namun hanya tiga tahun menduduki jabatan tersebut, pria kelahiran 6 November 1960 ditarik kembali untuk menjadi pemimpin redaksi Media Indonesia, yang digadang-gadang menjadi surat kabar terbesar kedua di tanah air.

Ternyata surat kabar bukan pelabuhan terakhir seorang Andy F. Noya. Hanya berselang tiga tahun, namanya kembali disebut sebagai pemimpin redaksi Metro TV, menggantikan Don Bosco yang mengundurkan diri. Didapuk menduduki posisi penting tersebut bukan berarti membuatnya berhenti mengekplorasi kemampuan dan kreativitasnya. Ditantang sebagai pembawa acara Kick Andy, performanya yang tampak lugas, mengajukan pertanyaan cerdas, namun ramah membuat sosoknya makin dikenal.

Kemampuannya untuk mengulik cerita dari para narasumber pun memberikan inspirasi bagi banyak orang, termasuk generasi muda yang sedang getol merintis usaha. Hal ini yang kemudian mendorong Andy untuk membidani lahirnya Big Circle, acara yang mengangkat tokoh-tokoh kreatif dan menginspirasi munculnya startup lokal.

Motivasi dari seorang Andy F. Noya ini bisa menjadi inspirasi buat kamu yang kini sedang merintis startup dari bawah supaya nggak mudah menyerah. Fokus pada passion yang dimiliki dan memanfaatkan segala peluang yang ada adalah salah satu kunci utama bagi yang ingin mendedikasikan dirinya untuk punya startup sendiri.

Nah, jangan sia-siakan ide brillian yang dimiliki, saatnya buktikan kreativitasmu dengan ikutan The NextDev 2018. The NextDev adalah ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia di bidang social impact. Selain hadiah yang menggiurkan, kesempatan mendapatkan mentoring dan koneksi yang berguna untuk mengembangkan startup semakin besar. Tertarik ikutan? Langsung saja cari info selengkapnya di sini.

Sahabat Dream juga bisa memetik inspirasi dan motivasi dari kisah perjalanan seorang Andy F. Noya, lewat acara iDEAX x The NextDev. Even keren ini akan digelar pada tanggal 27 dan 28 April di SSCC Convention Hall, Pakuwon Mall, Surabaya. Selain menghadirkan Andy F. Noya, sederet nama tokoh-tokoh inspiratif terkemuka tanah air pun siap membagikan ilmu dan pengalamannya. Mulai dari Dimas Djayadiningrat, Yoris Sebastian Chief Creative Officer OMG, Consulting & Co Founder Inspigo, Billy Boen Founder & CEO of YOT Nusantara, hingga Erastus Radjimin CEO at ‎ARTOTEL Indonesia.

Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang juga dan jadilah bagian dari pergerakan kreatif generasi muda Indonesia. Cek info dan cara pendaftaran dengan klik di sini!

Beri Komentar