Mulai Siang Ini, Sistem One Way Arus Balik Diberlakukan

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 7 Juni 2019 14:49
Mulai Siang Ini, Sistem One Way Arus Balik Diberlakukan
Arus balik Lebaran 2019 terpantau lancar.

Dream - Sistem one way untuk mengurai kepadatan jalan tol saat arus balik Lebaran 2019 mulai diberlakukan siang ini. Sistem ini berlaku mulai KM 414 Kalikangkung samppai KM 70 Cikampek Utara.

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri, sempat memantau kelancaran arus balik sepanjang ruas Tol Trans Jawa dari udara. Dia menilai arus balik berjalan cukup lancar.

" Setelah memantau situasi dari udara menggunakan heli dan mengamati pergerakan arus kendaraan dari timur ke barat maupun sebaliknya serta memberikan kesempatan para pemudik yang melaksanakan sholat Jumat di rest area, maka siang ini one way akan dilepas pada 14.00 WIB, mudah-mudahan berjalan dengan lancar," ujar Refdi, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 7 Juni 2019.

Refdi mengimbau masyarakat mempersiapkan kendaraannya dan memastikan bahan bakar cukup sebelum berangkat. Ini agar perjalanan melewati tol berjalan lancar.

" Di samping itu disarankan agar masyarakat juga sudah makan terlebih dahulu karena rest area akan dilakukan buka tutup apabila terjadi kepenuhan," kata dia.

1 dari 3 halaman

Video Rencana Rekayasa One Way Mudik dan Arus Balik Lebaran 2019

Dream - Korps Lalu Lintas Polri membagikan skenario rekayasa arus lalu lintas satu arah pada mudik 2019. Dalam video berdurasi 4 menit 10 detik itu dijelaskan kondisi penerapan satu arah dari Jakarta ke arah Jawa Tengah.

Dalam rekayasa itu dipaparkan, kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah akan dibuat satu arah. Proses satu arah mulai dari kilometer 25 atau setelah exit Tol Cibitung atau kilometer 29 Gerbang Tol Cikarang Utama hingga 262 Brebes Barat.

Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan jalur A dan jalur B jalan Tol Jakarta Cikampek dan jalan Tol Cipali. Serta fasilitas di sepanjang jalan tersebut termasuk rest area.

Sementara itu, kendaraan dari arah Cipularang yang akan menuju Jakarta akan dialihkan menuju pantura melalui Cikampek.

Dari arah berkebalikan, kendaraan yang akan menuju Jakarta dari arah Semarang akan dikeluarkan melalui pintu keluar Tol Brebes Barat, melalui pantura menuju Cirebon hingga Karawang.

Pengguna kendaraan dapat masuk kembali ke tol melalui gerbang Tol Cikarang Barat hingga selanjutnya menuju arah Jakarta.

Kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta diarahkan menuju pantura, untuk selanjutnya menuju Cirebon dan Jakarta.

2 dari 3 halaman

Rencana Arus Balik

Selain arus mudik Lebaran, Korlantas Polri juga mempersiapkan skenario satu arah pada arus balik 2019.

Kendaraan yang datang dari arah Semarang akan menggunakan dua jalur A dan B pada kilometer 189 atau gerbang Palimanan menuju arah Jakarta. Setelah itu, diberlakukan normal pada kilometer 25 Cibitung atau kilometer 29 Cikarang Utama menuju ke arah Cawang.

Sedangkan kendaraan yang akan menuju ke arah Semarang, diarahkan menuju pantura Subang, Cirebon, dan masuk Tol Kanci hingga selanjutnya menuju Semarang.

Kendaraan yang dari arah Jakarta menuju Bandung dan Semarang akan dikeluarkan di jalur pantura melalui exit tol cikarang barat. Adapun kendaraan yang menuju Bandung dapat masuk melalui gerbang Tol Cikampek lalu masuk menuju Tol Cipularang.

3 dari 3 halaman

Video Ilustrasi Rekayasa Lalin Mudik/Balik

Berikut adalah video ilustrasi rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan balik seperti dikutip Dream dari akun @satlantas_mjlk:

      View this post on Instagram

Skenario Sistem oneway pada saat arus mudik dan arus balik 2019 *Arus Mudik* Kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah akan diberlakukan One Way (Satu Jalur) Dimulai dari KM 25 (setelah Exit Gate Tol Cibitung) atau dari KM 29 (Gate Tol Cikarang Utama) sampai dengan KM 262 Brebes Barat. *Arus Balik* Untuk Arus Balik kendaraan dari arah semarang akan menggunakan 2 jalur yaitu jalur A & B di KM 189 (Gate tol Palimanan) menuju arah Jakarta, kamudian akan di berlakukan normal di KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang Utama menuju arah Cawang . . @m_aris_pg @polres_majalengka @sarmariyono @satlantas_mjlk @atiksuswanti @humas_jabar @bidhumaspoldajabar @polda.jabar @rtmcjabar @infomjlk @infomajalengka @besokseninco @polantasindonesia @polisi_indonesia @ntmc_polri @divisihumaspolri @polisi_wanita @polres_majalengka @prfmnews . #polresmajalengka #infolalulintas #korlantas #korlantaspolri #polantasindonesia #polisiwanita #ntmcpolri #rtmcjabar #divisihumaspolri #infomjlk #humaspolresmajalengka #ditlantaspoldajabar #divhumaspolri #ridwankamil #atiksuswanti #jawabarat #humaspoldajabar #tribun #prfm #radikamajalengka #stararadio #fantasifm #besokseninco #millennialroadsafetyfestival2019 #millennialroadsafetyfestival #millenial #millennialjawabarat #mrsf #jawabarat

A post shared by Satlantas Polres Majalengka (@satlantas_mjlk) on

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie