Fenomena Matahari `Kembar 4` Gegerkan Riau

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 12 Oktober 2018 10:03
Fenomena Matahari `Kembar 4` Gegerkan Riau
Dapat dilihat di mana saja dan pada musim apapun.

Dream - Warganet tengah dihebohkan dengan sebuah unggahan munculnya `empat matahari`. Berdasar keterangan, foto itu diambil di langit Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengatakan, fenomena itu bernama sun dog.

" Fenomena matahari kembar seperti kembar 2 atau 4 merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi," kata Hary dalam keterangan tertulis kepada Dream, Kamis 11 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, fenomena sun dog yang juga disebut mock sun (matahari semu) atau phantom sun (matahari bayangan).

Fenomena ini merupakan fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di langit. Fenomena ini sering muncul pada cincin halo di sekeliling matahari.

" Sun dog tampak sebagai pancaran cahaya berwarna di kiri-kanan Matahari, berjarak 22 derajat dan pada jarak yang sama di atas cakrawala, dan pada halo es," ucap dia.

Menurut Hary, sun dog dapat dilihat di mana saja dan pada musim apapun. Meski demikian, cahayanya tidak selalu tampak bersinar dan cemerlang. Sinar itu akan terlihat cerah atau jelas ketika matahari tampak rendah.

" Umumnya, sun dog tercipta dari kristal es piringan berbentuk segi enam pada awan sirus yang tinggi dan dingin, atau selama musim dingin yang amat dingin, oleh kristal es yang disebut debu intan yang tertiup di udara pada tingkat rendah," ujar dia.

Setelah itu, kristal-kristal itu berfungsi sebagai prisma yang bisa membelokkan cahaya yang melewatinya dengan defleksi minimum 22 derajat.

Kemudian, pada fase itu, jika kristal-kristal terorientasi secara acak, maka lingkaran sekeliling matahari akan terlihat yaitu 'halo'. 

" Apabila kristal-kristal terbenam di udara dan tertata secara vertikal, maka cahaya matahari terbiaskan secara mendatar. Dalam kasus ini, sun dog dapat terlihat," kata Hary.

 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
10 Film Terlaris Indonesia Tahun 2018