Niat Kuat Berhaji Dorong 2 Warga Tangsel Gowes ke Tanah Suci

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 Desember 2021 16:00
Niat Kuat Berhaji Dorong 2 Warga Tangsel Gowes ke Tanah Suci
Tjahaja dan Fuad bakal menghabiskan 7 bulan di atas sepeda demi bisa menjadi Tamu Allah.

Dream - Bagi umat Islam, haji adalah ibadah yang memacu semangat. Orang akan rela berusaha sekuat mungkin demi bisa mengunjungi Baitullah dan menggenapkan Rukun Islam.

Niat berhaji itu pula yang memicu semangat dua warga Tangerang Selatan, Tjahaja Gunawan dan Muhammad Fuad. Keduanya memutuskan berangkat haji dengan gowes menuju Arab Saudi.

Tjahaja menyadari saat ini sejumlah negara memang masih dilanda pandemi. Jika nanti di jalan ditemukan adanya kebijakan khusus terkait pandemi di suatu negara, pihaknya akan menyesuaikan rencana perjalanan.

" Kami mencoba ikhtiar dulu, jika di negara yang dilewati ada kebijakan soal pandemi Covid-19, nanti coba disesuaikan," ujar Tjahaja, dikutip dari tayangan Fokus Indosiar.

 

1 dari 3 halaman

Dalam 7 Bulan

Tjahaja dan Fuad memulai perjalanan mereka dengan sepeda pada Sabtu, 11 Desember 2021. Mereka akan menempuh jarak mencapai 12.500 kilometer darat dan 750 km.

Keduanya memperkirakan dalam tujuh bulan akan tiba di Saudi. Waktu tersebut bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Rute yang mereka rencanakan yaitu melalui Pulau Sumatera. Kemudian menyeberang ke Malaysia, dilanjutkan perjalanan darat ke Pakistan, Irak, dan Uni Emirat Arab.

Tjahaja dan Fuad mengaku sudah lama punya keinginan menunaikan ibadah haji. Sedangkan upaya gowes mereka terinspirasi Abah Landung, yang juga melakukan perjalanan yang sama pada usia 75 tahun.

 

2 dari 3 halaman

Rutin Gowes Jarak Jauh

Sebelum berangkat, Tjahaja mengaku sudah membuat persiapan sejak Agustus 2021. Dia dan Fuad melatih fisik dengan mengayuh sepeda ke luar kota, bahkan luar provinsi.

Jarak terjauh yang sudah ditempuh yaitu Tangsel-Surabaya. Berbekal latihan tersebut, Tjahaja yakin bisa tiba di Tanah Suci dengan selamat.

Sebelum berangkat, sepeda yang digunakan sudah dimodifikasi. Keduanya menambahkan kantong besar untuk menampung kebutuhan logistik yang diperlukan selama di perjalanan.

" Sebelumnya persiapan ini sudah tertunda-tunda karena adanya Covid-19. Tapi persiapan fisik sudah dipersiapkan sejak Agustus lalu," ungkap Tjahaja.

Lebih lanjut, Tjahaja mengungkapkan selama di perjalanan nanti, pihaknya akan singgah di Kedutaan Besar Republik Indonesia di sejumlah negara yang dilewati.

3 dari 3 halaman

Intip Videonya

Beri Komentar