BMKG Kepung Gunung Anak Krakatau dengan 6 Seismograf

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 26 Desember 2018 12:01
BMKG Kepung Gunung Anak Krakatau dengan 6 Seismograf
BMKG akan memberi peringatan dini tsunami bila seismograf mencatat getaran dari 3,4 hingga 3,5 magnitudo.

Dream - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau dengan enam seismograf, atau alat pengukur kegempaan. Enam seismograf itu terpasang di wilayah Banten dan Lampung.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan, seismograf itu untuk memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau yang masih berpotensi menimbulkan longsor.

" Karena itu dengan seismograf yang dimiliki BMKG, dengan mengepung Gunung Anak Krakatau, diharapkan bisa mencatat kalau satu sensor mencatat itu setelah dia akan mengeluarkan alarm," kata Rahmat, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 26 Desember 2018.

Dengan minimal tiga seismograf yang mendeteksi getaran yang sama, BMKG akan menganalisa dan mencari sumber getaran. Walhasil, BMKG dapat menentukan titik mana yang berpotensi longsor akibat getaran tersebut.

Rahmat menyebut BMKG akan memberi peringatan dini tsunami bila seismograf mencatat getaran dari 3,4 hingga 3,5 magnitudo. Angka ini ditetapkan karena diperkirakan tsunami pada Sabtu, 22 Desember 2018 itu diperkirakan berkekuatan 3,4 magnitudo.

" Kami berharap tidak menimbulkan kepanikan baru. Lebih baik kita berikan warning, syukur-syukur tidak terjadi tsunami. Kalau satu jam tidak ada tanda-tanda tsunami kami sampaikan bahwa warning tsunami dinyatakan berakhir," ucap dia.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin, mengatakan getaran 3,4 magnitudo bukan satu-satunya faktor pemicu tsunami di Selat Sunda.

" Kita hipotesa terbaik yang ada sekarang adalah pemicu tsunami adanya longsoran lereng Gunung Anak Krakatau," ujar Ridwan.

" Jadi kalau pun dia 3,4 magnitudo, kalau material longsor sudah tidak ada, ya tidak ada (tsunami)" kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Beri Komentar