Keluarga Besar Seventeen Gelar Tahlil Bersama Pagi Tadi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 25 Desember 2018 11:33
Keluarga Besar Seventeen Gelar Tahlil Bersama Pagi Tadi
Tahlil bersama digelar di gudang kargo Bandara Halim Perdanakusuma.

Dream - Duka mendalam tengah dirasakan keluarga besar grup band Seventeen. Tiga personil, satu manajer, dan istri sang vokalis Riefian Fajarsyah, Dylan Sahara meninggal dalam bencana tsunami Anyer pada Sabtu pekan lalu.

Usai para jenazah ditemukan dan mendapat pengurusan, Ifan bersama keluarga besar band Seventeen lainnya dan sejumlah kerabat menggelar tahlil bersama di gudang kargo Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Selasa dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Acara tersebut turut dihadiri anggota DPR dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Kadir Karding. Dia mengunggah video saat Ifan menyampaikan sambutan dalam acara tahlil tersebut di akun Instagramnya, @abdulkadirkarding.

" Jam 03.00 WIB di lokasi gudang kargo Halim Perdanakusuma kami membacakan yasin dan tahlil untuk Dylan Sahara Putri dan Windu Andi Dharmawan Seventeen," tulis Karding.

Dalam video tersebut juga terlihat anak Karding, Sheva. Menurut Karding, sang anak memiliki kedekatan dengan Ifan dan Dylan.

" Nampak sheva karding menangis tersedu sedu menyaksikan Om Ifan Seventeen menyampaikan sambutan ucapan terimakasih untuk para sahabat yg hadir di tempat tersebut. Memang sheva dan om Ifan dan tante dylan sangat akrab selama ini. Om ifan adalah termasuk tentor dalam banyak hal untuk sheva karding. #seventeenband #prayforbanten#prayforseventeenband #prayforseventeen," tulis Karding.

Jenazah Dylan dimakamkan di kampung halamannya di Ponorogo, Jawa Timur, hari ini. 

1 dari 4 halaman

Detik-detik Evakuasi Jenazah Dylan, Istri Ifan Seventeen

Dream - Jenazah istri vokalis band Seventeen, Riefian Fajarsyah atau Ifan Seventeen, Dylan Sahara ditemukan oleh tim SAR dan para relawan pada Senin malam, 24 Desember 2018 di Pantai Anyer, Banten. Jenazah Dylan langsung dievakuasi oleh tim Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa.

Tim Barzah Dompet Dhuafa segera membawa jenazah Dylan menuju RSUD Pandeglang. Setelah teridentifikasi, jenazah diantarkan menuju Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang untuk mendapatkan pengurusan.

Manajer Program Barzah Dompet Dhuafa, Madroi, mengatakan pihaknya mendapat tugas dari RSUD Pandeglang untuk mengantarkan jenazah Dylan ke Serang. Pihak keluarga menyatakan persetujuan.

" Setelah menerima kami tawarkan untuk pengantaran jenazah, akhirnya istri dari Ifan, vokalis band Seventeen itu, kami bawa menuju Serang. Sang suami dengan setia menemani jenazah sang istri di mobil ambulance jenazah Dompet Dhuafa," kata Madroi melalui keterangan tertulis diterima Dream, Selasa 25 Desember 2018.

Tiba di RSDP Serang, jenazah Dylan langsung mendapat perawatan. Setelah itu, tim Barzah mengantarkan jenazah menuju rumah duka.

" Tim Barzah membantu membawa jenazah Dylan Sahara yang juga ditemani sang suami dari RSUD Pandeglang menuju RSDP Serang, sebelum akhirnya dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya," kata Madhoi.

Lebih lanjut, Madhoi mewakili tim Dompet Dhuafa menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Dylan. " Semoga amal ibadah almarhumah, diterima oleh Allah SWT," kata Madhoi.

2 dari 4 halaman

Pesepakbola Mesut Ozil Berduka untuk Korban Tsunami Anyer, Ucapannya Bikin Haru

Dream - Musibah Tsunami Anyer yang menelan korban tewas  281 orang dan ribuan lainnya luka-luka mengundang simpati dunia. Salah satu ucapan prihatin disampaikan bintang Tim Nasional Sepakbola Jerman Mesut Ozil. 

Pesebakbola muslim itu menyampaikan rasa dukanya melalui akun Twitter pribadinya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.

" Berita buruk dari Indonesia," tulis Ozil seperti diakses Dream, Senin 24 Desember 2018.

Punggawa Arsenal ini berharap, semua korban dan keluarga kuat menjalani musibah yang menimpa mereka. Ozil juga turut mendoakan korban yang menderita luka-luka agar segera pulih.

" Saya berharap keluarga dari korban bencana alam ini dikuatkan dan bagi yang terluka semoga lekas pulih dan sehat kembali," ucap dia.

Sekali lagi, Ozil menguatkan para korban dengan menyebut kalau pikirannya bersama para korban tsunami.

" My thoughts are with the victims of the #Tsunami in #Indonesia, their families and all those effected . Stay strong!â�¤#M1Ö. (Pikiran saya bersama para korban #Tsunami di #Indonesia, keluarga mereka dan semua yang terkena dampak Tetap kuat)," ungkap dia.

3 dari 4 halaman

Terkuak Mengapa Gelombang Tsunami Anyer Datang Tiba-tiba

Dream - Tsunami Anyer yang dipicu gelombang air dari Selat Sunda akibat erupsi Gunung Anak Krakatau diakui datang tanpa adanya peringatan dini terlebih dahulu. Kondisi ini menyebabkan masyarakat di sekitar lokasi tak sempat melakukan evakuasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat dan dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwonugroho dikutip Dream dari cuitan akun Twitternya @Sutopo_PN, Senin, 24 Desember 2018.

" Tidak adanya peringatan dini tsunami di Selat Sunda pada 22/12/2018 malam," cuitnya.

Sutopo menjelaskan, tidak adanya peralatan sistem peringatan dini menyebabkan potensi tsunami tidak terdeteksi sebelumnya.

" Tidak terpantaunya tanda-tanda akan datangnya tsunami sehingga masyarakat tidak memiliki waktu evakuasi," tulisnya.

Diungkapkan Sutopo, jaringan bouy tsunami di perairan Indonesia sudah tidak beroperasi sejak 2012. Vandalisme, terbatasnya anggaran, kerusakan teknis menyebabkan tidak ada bouy tsunami saat ini.

" Perlu dibangun kembali untuk memperkuat Indonesia Tsunami Early Warning System," ujarnya.

Diakui Sutopo, Indonesia belum memiliki peringatan dini tsunami yang disebabkan longsor bawah laut dan erupsi gunung berapi.

Saat ini Indonesia baru memiliki sistem peringatan dini yang dibangkitkan gempa dan sudah berjalan baik. " Kurang dari 5 menit setelah gempa, BMKG dapat memberitahukan ke publik," ujarnya.

Melihat situasi tersebut, Sutopo menyerankan Indonesia harus membangun sistem peringatan dini yang diakibatkan longsor dan erupsi gunung api.

Dari catatannya, gempa yang menyebabkan longsor bawah laut yang memicu tsunami juga pernah terjadi di Maumere pada tahun 1992 dan tsunami Palu beberapa bulan lalu.

Indonesia diketahui memiliki 127 gunung api atau 13 persen dari jumlah populasi di dunia. Beberapa diantaranya gunung api berada di laut dan pulau kecil yang dapat menyebabkan tsunami saat erupsi.

" Tentu ini menjadi tantangan bagi PVMBG. BMKG, kementerian/lembaga dan perguruan tinggi membangun peringatan dini,"

4 dari 4 halaman

Detik-detik Penyelamatan Bocah Lima Tahun Saat Tsunami Anyer

Dream - Dari dalam mobil suara tangis bocah laki-laki terdengar. Beberapa petugas dari Shabara Polda Banten berusaha mengevakuasinya.

Kasat Brimob Polda Banten, Kombes Reza Heras Budi merekam detik-detik evakuasi tersebut. Dia mengunggah video itu ke Instagram pribadinya @reezaherasbudi.

" Kami ada di Carita, di Hotel Mutiara, ini ada mobil tertimpa pohon, kemudian di bawah ada masyarakat dua orang, sedang kita coba evakuasi," ungkap Reza, Minggu, 23 Desember 2018.

      View this post on Instagram

12 jam terjebak reruntuhan bangunan alhamdulillah Ali 5th dapat dievakuasi dgn selamat. Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan

A post shared by Reeza ❤ Middlianti (@reezaherasbudi) on

Selang beberapa usai evakuasi berlangsung, bocah lima tahun itu bernama Ali itu berhasil diselamatkan. Bocah itu berhasil bertahan hidup selama 12 jam dari reruntuhan.

" Alhamdulillah, Ali umur 5 tahun dapat diselamatkan," ujar Reza.

Usai diberi selimut, Reza menggendong Ali. Bocah itu terus menangis. Menanyakan keberadaan ayahnya.

" Ayah. Ayah," kata Ali.

Reza menenangkan Ali. " Sama om ya. Sama om," kata Reza.

Beri Komentar