6 Sektor Ini Akan Jadi Pilot Proyek New Normal Berbasis Teknologi di Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 10 Agustus 2021 14:01
6 Sektor Ini Akan Jadi Pilot Proyek New Normal Berbasis Teknologi di Indonesia
Pilot project ini bagian dari upaya pemerintah menyusun roadmap tatanan hidup baru sebagai antisipasi pandemi yang berkepanjangan.

Dream - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia diprediksi masih akan berlangsung dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini memaksa masyarakat untuk mulai hidup berdampingan melalui pola hidup baru.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan Pemerintah bakal menyusun roadmap jika Covid-19 belum juga berhenti dalam beberapa tahun lagi. Roadmap tersebut diperlukan agar protokol kesehatan dapat benar-benar melindungi dari penularan Covid-19.

" Jadi arahan Bapak Presiden kita harus memiliki roadmap bagaimana ke depannya kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan," ujar Budi dalam konferensi pers disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sambil menyusun roadmap tersebut, Budi menyatakan pemerintah akan menjalankan pilot project penerapan protokol kesehatan berbasis digital. Mekanisme ini akan dijalankan di enam aktivitas utama.

 

1 dari 2 halaman

Enam Aktivitas Utama

Enam aktivitas utama tersebut yaitu perdagangan baik perdagangan modern seperti mall atau departemen store maupun perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko kelontong. Kedua yaitu kantor dan kawasan industri.

Ketiga, transportasi darat, laut, udara. Keempat yaitu pariwisata, hotel, maupun event.

Aktivitas utama kelima yaitu keagamaan. Sedangkan keenam yaitu pendidikan.

" Arahan Beliau (Jokowi) bahwa protokol kesehatan yang nantinya akan mendampingi kehidupan kita ke depan itu bisa praktis, bisa juga digital berbasis information technology, dan juga bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

PeduliLindungi Jadi Aplikasi Wajib

Budi juga menyatakan Jokowi telah memutuskan PeduliLindungi akan menjadi aplikasi dasar. Mulai pekan depan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan sejumlah asosiasi mall untuk menerapkan sertifikasi digital sebagai syarat masuk mall.

" Kita juga sudah mengintegrasikan dengan transportasi udara di mana sekarang sudah merasakan setiap kali kita check in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan status PCR-nya secara digital," kata dia.

Nantinya, kata Budi akan ada screening sebelum masuk mall. Ini untuk menentukan status seseorang sudah tervaksinasi atau belum.

" Kalau yang bersangkutan sudah divaksin, mereka akan masuk dan akan memperoleh protokol yang lebih longgar dibandingkan mereka yang belum vaksin," ucap Budi.

Beri Komentar