Riset: Memelihara Hewan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Sabtu, 1 Juni 2019 17:27
Riset: Memelihara Hewan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan
Penelitian dilakukan oleh University of Liverpool

Dream - Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya, ada yang berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi hingga menjaga pola tidur.

Penelitian yang dilakukan University of Liverpool mengungkapkan memelihara hewan tertentu juga bisa meningkatkan kesehatan bagi pemiliknya. Salah satunya dengan memelihara anjing.

Penelitian ini melibatkan 191 orang dewasa yang memiliki anjing, 455 orang dewasa yang tidak memiliki anjing. Penelitian dilakukan di wilayah Cheshire, Inggris.

Kepala Peneliti, Dr Carri Westgarth mengatakan, dalam penelitiannya mengungkapkan pemilik anjing memiliki kualitas kesehatan lebih baik.

Hal itu terjadi karena pemilik anjing biasanya lebih sering berjalan kaki keluar rumah dengan hewan peliharaannya itu. " Tanpa anjing, kemungkinan tingkat aktivitas fisik populasi akan jauh lebih rendah," ujar Carri dikutip dari laman Mirror.co.uk.

Ia menuturkan, dengan adanya anjing sebagai hewan peliharaan akan menstimulus pemiliknya untuk melakukan aktivitas lebih banyak di luar rumah dibanding hanya bersantai menonton televisi saja.

" Temuan kami memberikan dukungan untuk peran anjing peliharaan dalam mempromosikan dan memelihara perilaku kesehatan yang positif seperti berjalan," ucap dia.

Selain anjing, kucing juga dapat meningkatkan kesehatan pemiliknya. Penelitian yang dilakukan Yayasan Kesehatan Mental pada 2011 melakukan riset terhadap 600 orang yang memiliki kucing dan tidak.

Setengah dari 600 orang itu memiliki masalah kesehatan mental. Studi tersebut menunjukkan 87 persen orang yang memelihara kucing kualitas kesehatan mentalnya berangsur membaik.

(Sumber: Mirror.co.uk)

1 dari 1 halaman

Penelitian: Istri Bahagia Perpanjang Usia

Dream - Urusan rezeki, jodoh dan kematian memang sudah digariskan oleh Allah SWT. Meski demikian, kita sebagai makhluk juga berikhtiar untuk menjaga kualitas hidup dengan harapan memiliki umur panjang.

Berbagai cara juga dilakukan. Mulai rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat hingga menjaga pola tidur.

Kini, ada penelitian dari Tilburg University, Belanda menyebut menyenangkan istri tidak hanya berdampak pada kelanggengang hubungan, tapi juga bisa memperpanjang usia.

Penelitian itu dilakukan selama delapan tahun dengan 4,4 ribu pasangan di Amerika Serikat. Dalam survei itu, para responden menjawab sejumlah pertanyaan seperti kepuasan hidup, kepuasan bersama pasangan dan dukungan dari pasangan yang dirasakan.

Selang delapan tahun, ada 16 persen dari responden yang sudah meninggal dunia. Para peneliti menganalisa, mereka yang telah meninggal itu cenderung menjawab pertanyaan kalau kualitas hubungan dengan pasangannya rendah, kepuasan hidup rendah.

" Penelitian ini mungkin memiliki implikasi untuk pertanyaan seperti atribut apa yang harus kita perhatikan, ketika memilih pasangan atau pasangan kita. Apakah rekomendasi gaya hidup sehat harus menargetkan pasangan (atau rumah tangga) daripada individu," ujar penulis penelitian, Olga Stavrova dikutip dari laman Mirror.co.uk, Jumat 26 April 2019.

Dengan analisa itu juga dapat diartikan, jika membahagiakan istri maka akan mendapat kualitas hidup yang bahagia dan juga memperoleh usia yang lebih panjang.

(ism, Sumber: Mirror.co.uk)

Beri Komentar