Teman Bos Wuling Ikut Hilang Saat Menyelam, Keluarga Buka Sayembara Rp750 Juta

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 5 November 2019 17:30
Teman Bos Wuling Ikut Hilang Saat Menyelam, Keluarga Buka Sayembara Rp750 Juta
Sayembara digelar untuk mendukung pencarian Tian.

Dream - Petinggi PT China-Indonesia, Tian Yu menghilang saat menjalani aktivitas menyelam di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten, Minggu, 3 November 2019.

Demi menemukan Tian, keluarga menggelar sayembara untuk menyokong pencarian tersebut. Sayembara tersebut berhadiah Rp750 juta.

Chelsea, salah seorang keluarga Tian, membenarkan gelaran sayembara tersebut. " Betul," kata Chelsea kepada Dream, Selasa, 5 November 2019.

Chelsea mengatakan, sayembara digelar untuk membantu proses pencarian Tian.

Dalam sayembara yang beredar, Tian disebut sebagai warga negara Tiongkok. Dia berusia 35 tahun. Tian punya tinggi badan 176 centimeter dan berat badan 75 kilogram.

" Bagi yang berhasil menemukannya aakan mendapat tanda terima kasih sebesar USD50,000 (sekitar Rp750 juta)" tulis sayembara tersebut.

 

1 dari 4 halaman

Pegawai Wuling Ikut Hilang

Dilaporkan Liputan6, sebanyak tujuh WNA China menggelar penyelaman di perairan Pulau Sangiang, Minggu, 3 November 2019. Penyelaman itu dibagi menjadi dua tim.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, menyebut tim yang belum kembali ke permukaan terdiri dari tiga orang.

" Yang hilang itu namanya Tan Xue Tao dari PT Wuling Motor, Tian Yu dari PT China-Indonesia, kemudian Wang Bing Yang dari PT Morowali Industry Aico," kata Edy.

Edy menjelaskan pencarian personil Polairud Polda Banten di mulai sejak pukul 07.30 wib Senin pagi, 4 November 2019. Tapi, hingga sore ini, belum membuahkan hasil.

" Giat SAR dimulai dengan menggerakkan dua team, masing-masing dengan dua kapal patroli. Kapal 1007 ke seputaran Pulau Sangiyang, dan kapal Polmas 1019 menyisir di pesisir Pantai Anyer," ucap dia.

2 dari 4 halaman

Desain Ibu Kota Baru di Kaltim Disayembarakan

Dream – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sayembara lomba desain kawasan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Lomba desain ini akan berlangsung awal bulan depan.

" Kita lakukan sayembara untuk memperoleh ide," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dikutip Antara, seperti yang diberitakan Merdeka.com, Kamis 26 September 2019.

Basuki mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi merumuskan wilayah dan tata ruang ibu kota baru. Basuki juga meminta para pemenang untuk membuat desain berkualitas karena para juri merupakan profesional di bidang masing-masing.

Ada sebelas juri yang terpilih dan mewakili milenial. Mereka merupakan praktisi urban design, ahli arsitektur, ahli planologi hingga ahli lainnya dalam bidang terkait.

" Kita tidak ingin sekadar membangun kota, tapi ini adalah momen membangun ibu kota. Kita ingin kota ini berisi work of talents," kata dia.

3 dari 4 halaman

Catat Pendaftarannya

Pendaftaran sayembara mulai pada 2-11 Oktober 2019. Setelah itu, pelaksanaan sayembara berlangsung pada 11 Oktober-22 Desember 2019.

Pengumuman dan penetapan pemenang sayembara nasional ini akan dilakukan pada 23 Desember 2019.

Setelah pengumuman pemenang maka proses penyusunan urban design akan dilakukan pada 1 Januari-31 Agustus 2020.

Kemudian pengayaan rancangan kota hasil sayembara oleh ahli internasional akan dilakukan 1 April-31 Agustus 2019. " Tiga karya terbaik akan dikolaborasikan menjadi basic design untuk pengembangan lebih lanjut," kata Basuki.

4 dari 4 halaman

Konsep `Kota Hijau`

Menurut rencana, ibu kota baru memiliki konsep kota hijau yang berwawasan lingkungan dengan mengedepankan konservasi dan efisiensi energi.

Pemerintah telah menyiapkan lahan inti bagi ibu kota baru seluas 42 ribu hektare dengan potensi perluasan hingga mencapai 360 ribu hektare.

Pembangunan ibu kota akan dimulai pada 2020 dan diperkirakan selesai pada 2024, dengan anggaran pemindahan pusat pemerintahan yang disiapkan mencapai Rp 466 triliun. Pemerintah menyiapkan sayembara atau lomba untuk mencari desain kawasan ibu kota baru yang sudah diputuskan di wilayah Kalimantan Timur.  

Beri Komentar