Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hancur 27 Tahun Lalu, Masjid Bersejarah Aladza Dibuka Kembali

Hancur 27 Tahun Lalu, Masjid Bersejarah Aladza Dibuka Kembali Masjid Aladza Di Foca, Bosnia (balkaninsight.com)

Dream - Ribuan orang berkumpul di Foca di timur Bosnia akhir pekan lalu. Mereka menghadiri prosesi pembukaan kembali Masjid Aladza.

Masjid yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO ini ditutup pada 1992 akibat perang Bosnia. Sebagian besar bangunan masjid peninggalan Dinasti Otoman itu hancur akibat serangan bom.

Dikutip dari Balkan Insight, Husein Effendi Corbo selaku imam terakhir Masjid Aladza sebelum diledakkan mengaku sangat bahagia. Harapannya selama 27 tahun agar Masjid Aladza kembali dibuka dan melayani umat Islam di Foca akhirnya terwujud.

"Selama hampir 19 tahun, saya selalu datang ke Aladza setiap hari, bekerja sebagai imam dari 1973, dan ketika saya mendapatkan berita masjid ini hancur sepenuhnya, itu adalah satu hari terburuk dalam hidup saya," ucap Husein.

"Saya sangat bahagia dipenuhi harapan Aladza akan menjadi titik pusat orang beriman di area ini dan sekali lagi menjadi mutiara sesungguhnya seperti dulu," kata Husein.

Masjid Kuno

Masjid Aladza dibangun antara 1550 dan 1551. Karena arsitektur, proporsi struktur, ukiran serta dekorasi geometris dan bunganya, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Lukisan.

Ornamen masjid dilukis dengan gaya klasik khas Ottoman. Karena merupakan masjid pertama di Bosnia kala itu, desainnya banyak ditiru oleh bangunan lain yang muncul setelahnya.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan Pemerintah Yugoslavia kala itu menetapkan Masjid Aladza berada di bawah perlindungan negara pada 1950. Sayangnya, pada 2 Agustus 1992 sepanjang tahun pertama perang, masjid ini diledakkan oleh tentara Bosnia Serbia.

Kejaksaan Bosnia pada Oktober 2018 menuntut veteran perang Bosnia Serbia, Goran Mojovic karena terlibat menanam bahan peledak di masjid tersebut. Mojovic dituduh telah melakukan kejahatan kemanusiaan melalui penghancuran momumen budaya, agama, dan sejarah.

Selama periode kekuasaan Ottoman, 17 masjid dibangun di Foca. Lima di antaranya hancur sepanjang Perang Dunia II dan 12 lainnya hancur akibat perang antara 1992-1995.

 

Banyak Bagian Masjid Rusak Parah

Renovasi Masjid Aladza dimulai pada Oktober 2012 atas kerja sama Direktorat Umum Urusan Wakaf Republik Turki dan Direktorat Wakaf Komunitas Islam Bosnia.

Mufti Gorazde, Remzija Effendi Pitic, mengatakan prosesi pembukaan kembali Masjid Aladza merupakan acara sangat penting bagi masyarakat Islam setempat.

"Membangun kembali Rumah Allah ini menuntut banyak hal. Kami berhasil melakukannya, terima kasih kepada Allah, kehendak, upaya dan dukungand dari teman-teman kami," kata Remzija.

"Kami berterima kasih kepada semua yang berkontribusi dalam proyek besar ini dengan cara apa pun dan ini adalah hadiah Ramadan terbaik kami untuk semua orang beriman," lanjut dia.

Rekonstruksi dijalankan pada bangunan masjid yang dinilai masih bisa diperbaiki. Sementara bagian yang rusak parah seperti di depan masjid, dibiarkan dan dijadikan monumen peringatan kehancuran pada 1992.

 

Seperti Sedia Kala

Kepala Direktorat Wakaf Sarajevo, Senaid Zaimovic, mengatakan rekonstruksi dijalankan seasli mungkin. Sehingga, diupayakan bentuk masjid tidak mengalami perubahan dari bangunan aslinya.

"Kami memiliki gambar yang dibuat ketika masjid dalam proses pembangunan dan kami menemukannya di Ruang Arsip Istanbul serta Direktorat Arsip Wakaf Republik Turki.

Lebih lanjut, Zaimovic menjelaskan proyek renovasi masjid tersebut menelan biaya lebih dari 2 juta euro, setara Rp32 miliar.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beralasan Ada di Kawasan Hutan Lindung, Masjid Bersejarah Usia 600 Tahun di India Dihancurkan

Beralasan Ada di Kawasan Hutan Lindung, Masjid Bersejarah Usia 600 Tahun di India Dihancurkan

Penghancuran masjid ini termasuk dalam proyek penggusuran bangunan dari kawasan hutan yang dilindungi.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta di Balik 'Dijualnya' Masjid di Malang Rp3 Juta per Meter Persegi, Ternyata Ini Alasannya

Fakta-Fakta di Balik 'Dijualnya' Masjid di Malang Rp3 Juta per Meter Persegi, Ternyata Ini Alasannya

Ternyata, ini bukan 'penjualan' pertama yang dilakukan yayasan pengelola masjid.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Detik-Detik Imam Shalat Subuh Meninggal Dunia Sedang Sujud di Masjid Balikpapan

Imam salat di masjid Balikpapan meninggal dunia saat sedang sujud pertama.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

Sahabat Dream ada gak yang mengalami kaya gini saat pertama kali kalian masuk kerja? Kalau ada komen dibawah yaa

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Semudah Itu

NOTED KAK! Gak Semudah Itu

Sahabat Dream, kalian pasti pernah kan membayangkan bekerja di Jakarta bakal enak? Harapan seringkali tak sesuai kenyataan lho.

Baca Selengkapnya