Pesbukers Ramadan Kena Teguran Keras Gara-gara Goyang Pinggul

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 10 Juni 2018 09:33
Pesbukers Ramadan Kena Teguran Keras Gara-gara Goyang Pinggul
Menampilkan adegan seorang pria dan wanita menari yang cenderung...

Dream - Acara variety show andalan ANTV, Pesbukers, kembali mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Pihak KPI baru saja melayangkan peringatan keras untuk acara “ Pesbukers Ramadhan” ANTV.

Program yang dibintangi Jessica Iskandar, Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik dan masih banyak lagi dianggap tidak menuruti ketentuan tentang norma kesopanan dan kesusilaan serta semangat bulan Ramadan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis. Ia menandatangani surat peringatan untuk “ Pesbukers Ramadhan” ANTV, pada Jumat 8 Juni 2018.

Dikutip dari situs KPI.go.id, program “ Pesbukers Ramadhan” yang ditayangkan ANTV pada tanggal 25 Mei 2018 pukul 16.59 WIB, menampilkan adegan seorang pria dan wanita menari yang cenderung mengekspos gerakan pinggul.

“ Kami menilai hal itu berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat 2 SPS KPI Tahun 2012 tentang norma kesopanan dan kesusilaan serta pandangan Majelis Ulama Indonesia tentang program di bulan Ramadhan. Berdasarkan hal itu kami memutuskan untuk memberikan peringatan keras,” jelas Andre, panggilan akrabnya.

Peringatan ini, menurutnya bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

“ Kami meminta ANTV agar menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam menyiarkan sebuah program siaran dan hal ini menjadi perhatian khusus karena saat ini dalam suasana Ramadhan,” kata Andre.

 

1 dari 2 halaman

MUI: Stop Tayangan Pesbukers, Brownies & Ngabuburit Happy

Dream - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menghentikan program siaran Pesbukers, Brownies dan Ngabuburit Sahur. Desakan itu muncul setelah pengkajian yang dilakukan MUI selama 20 hari pertama Ramadan.

Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, Rida Hesti Ratnasari menyoroti program Pesbukers yang dibingkai dengan ditambahkan kata Ramadan. Program reguler yang tayang pukul 17.15 WIB, dianggap hanya menampilkan lelucon, joget-joget, dan tidak memberikan edukasi kepada masyarakat terkait nilai-nilai Ramadan.

" Aduan masyarakat yang diterima MUI menilai program ini tidak menghadirkan suasana religiusitas sebagai inti Ramadan," ujar Rida di Gedung MUI, Jakarta, Selasa 5 Juni 2018.

Dari pengamatannya, MUI menemukan Pesbukers Ramadan edisi 19 Mei 2018 menyajikan adegan Dewi Perssik dibelai dagunya dan dipeluk seorang pria berdarah India. Artis tenar disapa Depe juga menari dengan kandungan unsur erotis.

Masih dalam program yang sama, MUI juga menemukan obrolan Zaskia Gotik dan Anwar yang saling merendahkan satu sama lain.

MUI juga menyoroti program Sahurnya Pesbukers pada 21 Mei 2018. Ketika itu Depe menggunakan kebaya ketat sehingga menggambarkan sensualitas tubuh dan menari erotis.

" Program ini disarankan diberi sanksi berat, dengan menyetop tayangan. Karena mengusung label terkait Ramadan, tapi isinya jauh dari semangat Ramadan," kata Rida.

 

2 dari 2 halaman

Foto Ini Bukti Kabar Raffi Cabut dari Pesbukers Cuma Gimmick?

Dream - Raffi Ahmad belakangan tak muncul di program Perbukers ANTV. Kabar pemecatan suami Nagita Slavina itu pun menyeruak, meski tak ada pernyataan resmi dari ANTV.

Dugaan semakin kuat setelah petinggi ANTV, Otis Hahijary, menulis 'sindiran' tentang kedisiplinan. Melalui akun Instagram @otis_hahijary pula dia menulis tentang artis yang sehat di tivi lain namun sakit saat ada jadwal di Pesbukers.

Namun, sekali lagi, kabar pemecatan itu hanyalah rumor. Tak ada klarifikasi, baik dari Raffi maupun manajemen ANTV. Yang jelas, Raffi Ahmad belakangan tak muncul dalam program tersebut.

 

A post shared by Otis Hahijary (@otis__hahijary) on 

Tapi di tengah simpang siurnya kabar itu, Otis mengunggah fotonya bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka terlihat akrab dengan mengumbar senyuman.

Foto itulah yang mengundang tanda tanya warganet. Mereka tak melihat adanya permasalahan di antara Otis dan Raffi. Sehingga, netizen menyangka bahwa rumor hengkangnya Raffi dari Pesbukers hanya sebagai gimmick alias rekayasa.

Otis memang menutup kolom komentar pada ungahan itu. Namun, akun @lambe_turah telah menyunting dan mengungah kembali foto itu. Sehingga di sanalah netizen meriung untuk menuliskan komentarnya.

" Sudah ku duga, gitu banget sih nyari rating. Menghiburnyabga berfardah, mending nonton tom n jerry," kata akun Chaca Pratiwi.

" Gimmick adalah nafas ANTv," kata akun Thesa.

" Gimmick, bos sama anak buah hobi gimmick," kata akun Ranii.

Cerita seperti ini juga pernah terjadi sebelumnya. Saat itu, Ayu Ting Ting juga dikabarkan hengkang dari Pesbukers karena disebut-sebut tidak disiplin. Tapi nyatanya, pedangdut itu tetap main di program acara itu sampai saat ini.

Beri Komentar