Peserta "Operasi Katarak 1.000 Pasien" Membludak

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 April 2015 13:44
Peserta
Kegiatan Operasi Katarak 1.000 Pasien juga disiarkan dalam Live Streaming di website Dream.co.id. Saksikan Live Streaming berikutnya mulai pukul 16.00 WIB ini.

Dream - Ratusan pasien katarak memadati Rumah Sakit Universitas Pesantren Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur. Mereka akan menjalani operasi gratis dalam acara " Operasi Katarak 1.000 Pasien" yang diselenggarakan dalam rangka Temu Alumni Akbar Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Muktamar Ke-33 Nahdlatul Ulama, HUT KE - 1 RTV, dan HUT ke-1 Dream.co.id.

" Pasien yang terdaftar sebanyak 1.850 orang. Yang layak operasi sebanyak 990 orang," ujar panitia operasi katarak, Arif, kepada Dream.co.id di RS Unipdu, Jombang, Kamis, 23 April 2015.

Menurut Arif, jumlah pasien yang layak operasi itu didapat dari pendaftaran yang dilakukan sejak 11 April 2015. Mereka kemudian menjalani screening, seperti pengecekan gula darah yang dilakukan pada 20 April 2015. Proses screening dilakukan di dua lokasi, yaitu di Markas Komando Resort Militer (Korem) Sidoarjo dan RS Unipdu.

Semula, tambah Arif, panitia akan menutup pendaftaran operasi katarak gratis pada hari ini. Namun dibatalkan karena banyaknya permintaan dari masyarakat. " Karena minat masyarakat begitu tinggi, pendaftaran kami perpanjang hingga 25 April 2015," kata dia.

Hingga saat ini, para pasien memadati halaman depan dan samping RS Unipdu. Mereka menjalani sejumlah pemeriksaan, seperti gula darah, daya tangkap mata, dan lain-lain, sebelum menjalani operasi. Bagi pasien yang dinyatakan memenuhi syarat, akan langsung dioperasi oleh enam tenaga medis profesional.

Kegiatan " Operasi Katarak 1.000 Pasien" juga disiarkan dalam Live Streaming di website Dream.co.id. Live Streaming pertama telah dilakukan pada pukul 12.00 WIB hingga 12.30 WIB. Saksikan Live Streaming berikutnya mulai pukul 16.00 WIB ini

Beri Komentar