Puji Stabilitas, Putra Mahkota Saudi Nilai Indonesia Beruntung

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 15 April 2019 18:01
Puji Stabilitas, Putra Mahkota Saudi Nilai Indonesia Beruntung
Indonesia ingin terlibat dalam Vision 2030.

Dream - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin yang maju. Pujian itu disampaikan Mohammad ketika menjamu Jokowi di Istana Putra Mahkota, Riyadh.

" Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dilaporkan , Senin, 15 April 2019.

Retno menyebut pertemuan itu berlangsung cair dan penuh kehangatan.

Dalam pertemuan tersebut, Mohammad menyampaikan lagi keputusan penambahan kuota haji Indonesia.

Selain menggelar pertemuan bilateral, Mohammad juga menjamu Jokowi dengan makan malam bersama.

Dilaporkan Setkab, Retno menyebut pertemuan bilateral itu juga menyepakati mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan pertemuan setahun sekali Indonesia dan Arab Saudi.

Jokowi juga menyampaikan, Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

1 dari 3 halaman

Jokowi Ajak Arab Saudi Bantu Memperjuangkan Palestina

Dream - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi membahas sejumlah isu. Selain hadiah penambahan kuota haji 10 ribu jemaah, presiden juga menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir yang salah satunya mengajak Arab Saudi memperjuangkan bangsa Palestina.

" Seperti diketahui bahwa masa depan Palestina menjadi lebih sulit dan menjadi kewajiban bagi Saudi Arabia dan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dan mendukung perjuangan bangsa Palestina," kata Menteri Luar Negeri, Reno Marsudi, dilaporkan , Senin, 15 April 2019.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengatakan, dibahas juga mengenai syiar Islam. Indonesia mengajak Arab Saudi mengembangkan syiar Islam yang toleran dalam upaya penanggulangan terorisme.

" Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain bagaimana kedua negara meningkatkan kerja sama bilateral. Dari pihak Saudi menekankan banyak posisi yang kurang lebih sama, yang selama ini dimiliki Indonesia dan Saudi Arabia di berbagai isu," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Sederet Agenda Padat Jokowi ke Saudi di Waktu Singkat

Dream - Presiden Joko Widodo tiba di Riyadh, Arab Saudi untuk memenuhi undangan dari Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi mendarat di Bandara Internasional King Khalid Riyadh sekitar pukul 08.50 Waktu Arab Saudi atau 12.50 WIB.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 14 April 2019, Jokowi disambut Duta Besar Indonesia untuk Saudi, Agus Maftuh Abegebriel dan Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud. Tidak ketinggalan Menteri Perdagangan dan Investasi Saudi, Majid bin Abdullah Al Qasabi.

Beberapa saat usai tiba di Bandara King Khalid, Jokowi menuju istana Raja. Di sana, Jokowi akan memenuhi undangan santap siang bersama dilanjutkan pertemuan dengan Raja Salman.

" Setelah bertemu dengan Raja Salman, pada petang hari nanti, Presiden akan bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Kepresidenan, Bey Mahmudin.

Usai bertemu dengan Pangeran Muhammad, Jokowi segera menuju Jeddah. Pada malam hari, Jokowi melaksanakan umroh di Mekah.

Sumber: Liputan6.com

3 dari 3 halaman

Usai Debat, Jokowi Menuju Saudi Penuhi Undangan Raja Salman

Dream - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana bertolak menuju Arab Saudi. Keberangkatan Jokowi berlangsung pada Minggu dini hari, beberapa jam usai mengikuti debat terakhir Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Sultan.

Dikutip dari Liputan6.com, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Kepresidenan, Bey Mahmudin, menjelaskan Jokowi mendapat undangan dari Raja Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

Nantinya, Jokowi disambut Raja Salman di Istana di Riyadh. Usai pertemuan, Jokowi bersama Iriana akan melaksanakan umroh, seperti dilansir Antara.

Menurut Bey, Jokowi mendapat undangan khusus dari Raja Salman. Bahkan Jokowi juga diajak bertemu secara terpisah oleh Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman.

Menurut agenda, Jokowi bersama Iriana baru pulang ke Tanah Air pada 15 April. Keberangkatan Jokowi berlangsung beberapa saat usai debat terakhir yang menandai berakhirnya masa kampanye pilpres.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting