Doa dan Ucapan Syukur Jokowi di Dalam Kabah

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 15 April 2019 16:01
Doa dan Ucapan Syukur Jokowi di Dalam Kabah
Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan masuk ke dalam Kabah, Masjidil Haram disela kunjungan negara ke Arab Saudi dan dilanjutkan ibadah umrah. Jokowi mengucap syukur dapat memasuki ruangan sakral tersebut.

"Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah," kata Jokowi, di Instagram-nya @jokowi, Senin, 15 April 2019.

Jokowi diberi kesempatan untuk masuk ke dalam kabah setelah menunaikan ibadah sholat subuh. Tak sendiri, Jokowi bersama istri dan dua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, turut masuk ke dalam kabah.

Berada di tempat paling diidamkan semua muslim dunia, Jokowi tak lupa memanjatkan doa di dalam ruang sebuah tempat mulia itu.

"Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati, dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran, dan kebaikan," tulis dia.

Sebelumnya, ibadah umroh yang dijalankan Jokowi beserta keluarga mendapat sorotan. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengunggah video dan foto, Jokowi, dan istri, Iriana, serta Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep saat memasuki Kabah.

Jokowi melaksanakan umroh dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan petugas keamanan Masjidil Haram.

1 dari 3 halaman

Video Jokowi dan Keluarga Dapat Kehormatan Masuk Kabah

Dream - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana melaksanakan ibadah umroh pada Minggu 14 April 2019. Ibadah tersebut dilaksanakan usai pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, dan Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz.

Jokowi melaksanakan umroh dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan laskar keamanan Masjidil Haram. Jokowi tampak tenang berjalan menuju Kabah, ditemani Iriana serta sejumlah pejabat lain, baik dari Indonesia maupun Saudi.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengunggah video saat Jokowi masuk ke Masjidil Haram dan dalam pengawalan ketat.

"Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah," tulis Pramono di akun Instagram, @pramonoanung, diakses pada Senin 15 April 2019.

      View this post on Instagram

Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah

A post shared by Pramono Anung W (@pramonoanungw) on

2 dari 3 halaman

Kesempatan Langka, Masuk Kabah

Tak hanya umroh, Jokowi dan keluarga mendapat hak istimewa dari Kerajaan Arab Saudi. Mereka diberikan kesempatan untuk masuk dan melihat bagian dalam Kabah.

Momen ini sempat diabadikan lewat video yang kemudian tersebar di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah kembali video tersebut adalah milik sutradara, Hanung Bramantyo.

"Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi," tulis Hanung di akunnya, @hanungbramantyo.

      View this post on Instagram

Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi 🙏🙏🙏

A post shared by Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) on

3 dari 3 halaman

Alhamdulillah, Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 10 Ribu Jemaah

Dream - Presiden Joko Widodo mendapat undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Keduanya bertemu di Istana Riyadh pada Minggu siang waktu setempat, 14 April 2019.

Hasil pertemuan itu rupanya menjadi kabar bahagia bagi Indonesia. Akhirnya, Raja Salman memberikan tambahan kuota haji bagi Indonesia sebanyak 10 ribu jemaah.

" Kepada sang penjaga dua Kota Suci, saya menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10 ribu bagi jemaah haji kita," ujar Jokowi melalui akun Facebook-nya seperti diakses Dream, Senin 15 April 2019.

Jokowi mengatakan Indonesia dan Saudi akan terus menjalin kerja sama. Tidak hanya pada haji, namun sejumlah sektor ekonomi terutama energi dan pariwisata.

" Raja Salman sendiri menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia," kata Jokowi

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 221 ribu jemaah dengan rincian 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu untuk haji khusus. Dengan penambahan ini, maka kuota haji Indonesia menjadi 231 ribu jemaah.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara