Ridwan Kamil Ingin Cetak Hafiz Quran di Tiap Desa

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 16 Juli 2018 15:00
Ridwan Kamil Ingin Cetak Hafiz Quran di Tiap Desa
Ridwan ingin masjid di desa-desa di seluruh Jawa Barat dipimpin oleh para hafiz.

Dream - Ridwan Kamil bakal membuat dua program besar untuk umat Islam di Jawa Barat. Pria yang mendapat suara paling banyak dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018 itu ingin mencetak penghafal Alquran dari tiap desa dan akan menyalurkan dana untuk pesantren.

" Saya ingin bikin kegiatan berbasis Alquran, di antaranya program satu desa satu hafiz Alquran," ujar Ridwan dalam penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Internasional di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, dikutip dari rakyatku.com, Senin 16 Juli 2018.

Lewat program ini, Ridwan ingin setiap masjid di 6.000 desa di seluruh Jawa Barat dipimpin oleh para hafiz. Dengan demikian, kata dia, terbentuk standar baru ke-Islaman di Jabar. " Saya ingin rakyat Jawa Barat berakhlak Alquran," ucap Ridwan.

Selain itu, meski belum dilantik menjadi gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku sedang menyiapkan naskah akademik pesantren. " Jadi santri yang kurus-kurus akan diurus pemerintah dengan diberi dana rutin per tahun, supaya orangtua mereka tidak terbebani oleh biaya pendidikan," tambah mantan Walikota Bandung tersebut.

Program ini berangkat dari fakta dukungan anggaran negara kepada pesantren masih sangat minim. Menurut Ridwan, para pelajar sekolah umum sudah mendapat dana pemerintah, sedangkan pesantren tidak.

" Dengan kekuasaan ini, saya akan sejahterakan para santri dan kiai dan membangun infrastruktur pesantren," kata Ridwan.

Sumber: rakyatku.com

Beri Komentar