Ridwan Kamil: Surat Cerai Bung Karno dengan Inggit Garnasih Dibeli Negara

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 29 September 2020 07:01
Ridwan Kamil: Surat Cerai Bung Karno dengan Inggit Garnasih Dibeli Negara
Dokumen tersebut nantinya akan disimpan di Gedung Arsip Nasional.

Dream - Beberapa waktu lalu berita mengenai surat cerai antara Presiden Pertama Indonesia, Soekarno (Bung Karno) dengan Inggit Garnasih, menyedot perhatian publik. Sebabnya, keturunan Inggit berencana menjual surat cerai tersebut kepada kolektor.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan dokumen tersebut akan dibeli oleh Negara. Hal itu juga berdasarkan kesepakatan dari para ahli waris Inggit, istri pertama Bung Karno.

Kesepakatan tersebut disampaikan keluarga Inggit ketika bertemu dengan Ridwan pada Senin siang, 28 September 2020. Pihak keluarga sepakat tidak akan menjual dokumen tersebut kepada kolektor.

" Siang ini saya menerima kedatangan keluarga besar Ibu Inggit Garnasih yang menyampaikan kesepakatan mayoritas keluarga (para cucu Ibu Inggit ternyata ada 7 orang dari 2 anak angkat Bu Inggit) untuk menyerahkan surat nikah dan akta cerai Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih kepada Negara," tulis Ridwan di Instagram, @ridwankamil.

 

1 dari 2 halaman

Diserahkan ke Gedung Arsip Nasional

Ridwan mengatakan seluruh biaya atas kepemilikan dokumen nikah dan cerai tersebut ditanggung Negara. Kemudian, pihak keluarga Inggit menyerahkan prosesnya kepada ketentuan yang berlaku.

" Insya Allah jika semua rencana berjalan baik, kami akan proses secara prosedural dimana menurut hemat kami, dokumen bersejarahnya akan afdol jika disimpan di Gedung Arsip Nasional, bukan di lingkungan Pemprov Jawa Barat," kata Ridwan.

Sebelumnya, kabar akan dijualnya dokumen nikah dan cerai tersebut viral di media sosial setelah diunggah pada akun Instagram @popstoreindo.

Foto mengenai dokumen tersebut sempat muncul di Instagram, disertai keterangan surat itu akan dijual oleh pria lansia yang ternyata cucu dari Inggit Garnasih.

Unggahan tersebut viral lantaran dokumen itu dinilai sangat bersejarah. Apalagi, dalam surat tersebut tercantum saksi cerai Bung Karno dan Inggit tidak lain yaitu Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan KH Mas Mansoer yang tidak lain adalah para tokoh bangsa.

Beri Komentar