Saudi Janji Santunan Tragedi Crane Cair dalam Hitungan Hari

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 31 Maret 2016 16:27
Saudi Janji Santunan Tragedi Crane Cair dalam Hitungan Hari
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendapat kepastian dana santunan itu akan cair setelah data korban dari dua negara lain masuk.

Dream - Kerajaan Arab Saudi menjanjikan akan mencairkan biaya santunan bagi korban tragedi jatuhnya crane di Masjidil Haram pada musim haji 2015 lalu.

Kepastian itu didapat Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai bertemu dengan Menteri Urusan Haji Arab Saudi beberapa pekan lalu.

Menurut Lukman, proses pencairan dana santunan itu tinggal menunggu tahap akhir administrasi beberapa negara.

" Masih ada 1-2 negara yang harus melengkapi data-data korban. Kalau itu sudah dilengkapi maka tinggal hitungan hari saja bisa dicairkan," kata Lukman usai pengumuman pemenang Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits Pangeran Sultan bin Abdul Azis tingkat Nasional di Gedung Kementerian Agama Thamrin, Kamis, 31 Maret 2016.

Meski begitu, Lukman belum bisa memastikan besarnya santunan yang akan diterima korban. Dia meminta masyarakat menunggu kepastian dana santunan dari otoritas Saudi.

" Besarannya ditentukan pemerintah sana, kita belum tahu. Rp1 miliar itu belum tahu apakah benar, belum bisa kami jadikan pegangan. Kepastiannya nanti akan disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi," ucap dia.

Lebih lanjut, Lukman juga belum mendapatkan kepastian janji diberangkatkannya keluarga korban dan korban terluka karena crane.

" Kami belum tahu bentuknya, apakah keluarga yang meninggal saja atau yang terluka yang diberangkatkan haji. Kita baiknya menunggu saja," ujar dia.

Tragedi jatuhnya crane di Masjidil Haram menelan korban ratusan orang. Dari sekian banyak korban itu, 12 orang jemaah haji asal Indonesia meninggal dunia dan 42 orang lainnya mengalami luka-luka.

Atas kejadian ini, Kerajaan Arab Saudi berjanji akan menanggung biaya perawatan dan memberi santunan. Bahkan Kerajaan Arab Saudi berencana memberangkatkan haji keluarga korban jatunya crane tersebut.

Beri Komentar