Sedulur Sikep dan Eva Bande Raih Yap Thiam Hien Award 2018

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 13 Desember 2018 12:00
Sedulur Sikep dan Eva Bande Raih Yap Thiam Hien Award 2018
Para pemenang dianggap mampu merawat dan mempertahankan lingkungan.

Dream - Kelompok Masyarakat Pelestari Lingkungan, Sedulur Sikep dan aktivis agraria, Eva Bande, mendapat penghargaan bidang penegakan hak asasi manusia, Yap Thiam Hien Award 2018. Penghargaan ini diberikan setelah proses panjang penjurian.

" Mereka juri anggap memiliki kontribusi besar dalam menjaga lingkungan, mereka terpilih atas perjuangan mempertahankan tanah adat dari kerusakan lingkungan dan merawat ibu bumi," kata perwakilan juri, Yosep Stanley, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 12 Desember 2018.

Eva Bande dikenal belasan tahun merawat gerakan agraria. Eva berjuang membela petani Toili mempertahankan tanah adat dari kerusakan di Luwuk, Sulawesi Tengah.

 Eva Bande (paling kanan) memperjuangkan hak tanah adat petani di Sulawesi Utara

Yosep mengatakan, Eva sempat dipenjara pada 2010 karena perjuangannya tersebut. " Dan pada Desember 2014 dia dibebaskan dengan grasi presiden," kata dia.

Sementara itu, kelompok Sedulur Sikep memiliki semangat yang sama menjaga lingkungan hidup. Dengan kejujuran dan kepolosannya, Sedulur Sikep menjaga nilai luhur di wilayah Pegunungan Kendenga, Jawa Tengah.

" Nilai ini yang diyakini bahwa Jateng merupakan lumbung pangan Nusantara. Sehingga, memberi pemahaman pentingnya air dan tanah bagi kehidupan yang melahirkan nafas perlawanan terhadap tambang dan industri semen di Jateng," ujar salah seorang juri, Imdadun Rahmat.

Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara