Sensasi Keliling Indonesia Melalui Layar Ponsel dan Komputer

Reporter : Ervina
Kamis, 21 Agustus 2014 16:30
Sensasi Keliling Indonesia Melalui Layar Ponsel dan Komputer
Masyarakat Indonesia dan turis diajak 'berkeliling' kota Jakarta, Bogor, Denpasar, dan Surabaya serta keindahan alam bawah laut Taman Nasional Komodo melalui fitur Google Street View.

Dream - Berlibur merupakan salah satu cara untuk 'lari' sesaat dari rutinitas sehari-hari. Untuk menghabiskan waktu berlibur, anda acapkali harus melakukan persiapan matang mulai dari biaya yang cukup besar hingga waktu cuti kerja yang sudah harus dikompromikan terlebih dahulu.

Kini keinginan berlibur tidak lagi mengharuskan anda menguras tabungan dan mengajukan cuti kerja. Hari ini, secara resmi Google merilis kehadiran Google Street View yang memberikan anda pengalaman baru menikmati setiap detil beberapa daerah di Indonesia.

Sejumlah gambar Street View yang menghadirkan tampilan seluas 360 derajat memungkinkan masyarakat Indonesia dan turis asing menjelajah empat kota besar dan sebagian dari laut di Indonesia secara virtual. Setiap detil jalan, hingga ikan-ikan cantik di bawah laut ditampilkan dalam format foto panoramik melalui Google Map dan Google Views.

Layanan pemetaan virtual ini menampilkan penampakan asli dari kota Jakarta, Bogor, Denpasar, dan Surabaya. Selain itu, perusahaan teknologi raksasa ini juga melakukan visualisasi untuk kehidupan bawah laut di Taman Nasional Komodo.

Untuk menampilkan gambar nyata setiap sudut empat kota besar di Indonesia, Google bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif. Sementara untuk menampilkan keindahan alam bawah laut, perusahaan yang didirikan oleh Eric Schmidt dan Sergey Brin ini menggandeng tim The Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera 360 derajat panorama SVII untuk memotret.

Di lima lokasi ini, pengguna dapat menikmati rangkaian gambar dengan melakukan zoom Google Maps sampai ke level terendah, atau menggeser ikon " Pengmen" berwarna oranye pada sisi kiri peta ke jalan berwarna biru. Pada Google Map baru, pengguna juga dapat mencari destinasi wisata lokal dan untuk tempat yang sudah tersedia, rangkaian gambar Street View dapat dilihat dari korsel gambar di bagian bawah layar.

" Indonesia merupaan rumah dari beberapa pusat bisnis yang sedang berkembang di Asia Tenggara. Kami berharap rangkaian gambar Street View yang kami luncurkan hari ini dapat membantu memudahkan orang-orang di seluruh dunia untuk menemukan dan menjelajah Indonesia, sekaligus menarik lebih banyak wisatawan untuk berinvestasi," ungkap Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy melalui keterangan resmi yang diterima Dream, Kamis 21 Agustus 2014.

Street View merupakan fitur populer yang tersedia di Google Maps dan telah tersedia di lebih dari 57 negara. Selain di Indonesia, Google kerap melakukan pemetaan visual untuk tempat-tempat menarik di dunia mulai dari Menara Eiffel, Tembok Besar China, Kepulauan Galapagos hingga Antartika.

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim