Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Soal Nikahan Anak Habib Rizieq, Begini Pengakuan Panitia Acara ke Polisi

Soal Nikahan Anak Habib Rizieq, Begini Pengakuan Panitia Acara ke Polisi Ketua Pelaksana Ustadz Hari Ubaidillah (Foto: Merdeka.com)

Dream - Penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa ketua panitia acara di kediaman pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, Ustaz Haris Ubaidillah. Pemeriksaan dilakukan sejak Rabu, 18 November siang, sampai Kamis dinihari, 19 November 2020.

"Sudah selesai (pemeriksaan) sekitar jam 00.00 WIB atau 00.30 WIB, tadi ada 37 pertanyaan," kata Kuasa Hukum FPI, Aziz Yanuar.

Pertanyaan penyidik seputar acara pernikahan putri Habib Rizieq, salah satunya terkait masalah perizinan.

"Ada keterangan pribadi, terus kenal HRS atau tidak, terus siapa panitia dan susunannya, izinnya siapa yang urus, bagaimana perizinannya, terus protokol kesehatannya bagaimana dijalankannya, terus apakah ini bisa menimbulkan Covid-19 atau tidak ya seputar itu," jelasnya.

Tidak Ada Izin itu Pelanggaran Bukan Pidana

Lalu, saat disinggung soal masalah perizinan, dia menyebut, sudah mengajukan izin ke Dinas Perhubungan (Dishub) terkait penggunaan jalan.

"Izinnya kan penggunaan jalan sudah diajuin ke Dishub. Lagian kan begini ranahnya kalau tidak ada izin itu pelanggaran, bukan pidana," tegasnya.

"Kan sekarang HRS dan panitia atau siapapun itu dikaitkan dengan (acara) kemarin itu kemudian sesuai aturan PSBB transisi dianggap ada pelanggaran, kita terima ada pelanggaran dikenai sanksi kita bayar artinya kan sudah selesai," sambungnya.

Sumber: merdeka.com

Ketua Panitia Pernikahan Putri Rizieq Shihab Tak Menduga Massa Membludak

Dream - Ketua Panitia acara akad nikah putri Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi, Haris Ubaidillah memenuhi panggilan Penyidik Polda Metro Jaya. Haris diminta klarifikasi terkait acara tersebut.

Pernikahan putri Habib Rizieq diduga melanggar protokol kesehatan. Sejumlah orang pun turut dipanggil. Termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

" Kita tim kuasa hukum dari bantuan hukum Front DPP FPI dampingi Ustaz Haris Ubaidillah, sebagaimana surat panggilan yang sudah dilampirkan pada kuasa," ujar Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu 18 November 2020.

Dimintai Klarifikasi, Bukan Pemeriksaan

Aziz menjelaskan, pemanggilan terhadap Haris Ubaidillah bukan dalam rangka pemeriksaan. Melainkan untuk dimintai klarifikasinya selaku Ketua Panitia pada acara tersebut.

" Saya jelaskan kalau ini klarifikasi, bukan pemeriksaan. Sementara tadi kita koordinasi dengan penyidik, sementara baru Ustaz Haris sebagai Ketua Panitia acara Maulid malam ahad yang lalu dan juga sekaligus acara akad nikah. Bukan resepsi pernikahannya," katanya.

Menurutnya, acara yang telah berlangsung dan menimbulkan kerumunan orang di luar prediksi.

Mengaku Sudah Ikuti Protokol

Lebih lanjut Aziz menerangkan, pihak panitia sebenarnya telah melakukan beragam upaya mitigasi untuk penerapan protokol kesehatan.

" Pertama, memohon penutupan jalan, penggunaan jalan umum itu panjang, artinya kita harapkan massa itu menyebar," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, pada titik tertentu disediakan tempat cuci tangan. Panitia, kata dia, juga menyediakan banyak masker dari donatur dan pihak internal juga.

" Kemudian handsanitizer kita sediakan, protokol kesehatan terus kita umumkan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan mengenakan masker," jelasnya.

" Kesulitan itu terjadi ketika hari H-nya, karena kita tidak menyangka massanya begitu besar. Karena kita anggap ya euforianya sudah lewat. Jadi prediksi kita, meleset (terkait kerumunan) itu di luar prediksi kita begitu," sambungnya.

Ketuplak Non Reaktif Covid-19

Sekadar informasi bahwa pelaksanaan pemanggilan terhadap Ketua Panitia acara akad nikah putri Habib Rizieq Syihab dan Maulid Nabi, Haris Ubaidillah telah melalui rapid test dan dinyatakan non reaktif.

" Sudah, sudah masuk. Habis dites barusan langsung masuk untuk menjalani pemeriksaan awal," katanya.

 

Panitia dan Seluruh Tamu Diperiksa

Polda Metro Jaya bakal kembali melakukan pemeriksaan kepada sejumlah panitia dan tamu undangan acara pernikahan putri Rizieq Syihab.

Tujuannya guna dimintai klarifikasi terkait acara yang kala itu menimbulkan kerumunan saat Pandemi Covid-19.

" Jadwalnya seperti itu untuk pemeriksaan panitia (buat klarifikasi)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Rabu 18 November 2020.

Sementara terkait waktu pemeriksaan, lanjut Yusri, direncanakan berlangsung pada sekitar pukul 10.00 Wib pagi tadi. Dengan memeriksa sejumlah panitia maupun tamu undangan yang hadir pada acara pernikahan puteri Habib Rizieq.

" Panitia-panitia, terus juga tamu-tamunya ada beberapa yang ini diundang untuk mengklarifikasi (sebagai bagian dari proses penyelidikan)," ujarnya.

Sumber: merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Habib Rizieq Nikahi Keturunan Nabi Muhammad yang Usianya Terpaut 27 Tahun, Ini Sosok Mertuanya

Habib Rizieq Nikahi Keturunan Nabi Muhammad yang Usianya Terpaut 27 Tahun, Ini Sosok Mertuanya

Lukman Alaydrus jadi sorotan karena menurut informasi yang beredar, dia bernasab langsung Rasulullah SAW lewat jalur ayahnya.

Baca Selengkapnya
Kekayaan Habib Rizieq Shihab yang Nikahi Keponakan Mendiang Istri dan Usianya Terpaut 27 Tahun

Kekayaan Habib Rizieq Shihab yang Nikahi Keponakan Mendiang Istri dan Usianya Terpaut 27 Tahun

Habib Rizieq menikah dengan seorang perempuan bernama Syarifah Mona Hasinah Alaydrus pada Sabtu, 23 Maret 2024

Baca Selengkapnya
Kisah Pilu Hafizah Dipaksa Ayah Menikah dengan Pria Beristri, Hidup Terlunta Sempat Tinggal di POM Bensin Saat Hamil

Kisah Pilu Hafizah Dipaksa Ayah Menikah dengan Pria Beristri, Hidup Terlunta Sempat Tinggal di POM Bensin Saat Hamil

Kisah Nusaibah Azzahra merupakan salah satu cerita menarik di dalam dunia poligami.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Detik-detik Siskaeee Dijemput Paksa Polisi usai Mangkir dari Panggilan Penyidik

Detik-detik Siskaeee Dijemput Paksa Polisi usai Mangkir dari Panggilan Penyidik

Tiga kali mangkir dari panggilan penyidik, Siskaeee akhirnya dijemput paksa oleh pihak kepolisian.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya