Heboh Ningsih Tinampi Memanggil Malaikat, MUI Angkat Bicara

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 15 Januari 2020 18:31
Heboh Ningsih Tinampi Memanggil Malaikat, MUI Angkat Bicara
Wanita yang membuka praktik pengobatan alternatif Ningsih Tinampi mengaku bisa memanggil malaikat, Nabi, dan Rasul. Apa kata MUI?

Dream - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Cholil Nafis angkat bicara terkait pernyataan Ningsih Tinampi yang mengaku bisa memanggil nabi dan malaikat.

Ningsih membuka praktik pengobatan alternatif untuk menyembuhkan banyak penyakit. Praktik dibuka di kediamannya Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Ningsih yang semakin populer karena antrean pasiennya ada yang mencapai dua tahun itu menjadi perbincangan. Terutama saat pengakuannya bisa memanggil malaikat, nabi, dan rasul. 

" Kalau pendapat MUI belum, tapi kalau pendapat saya sebagai anggota MUI menyatakan nabi nggak bisa dipanggil. Menurut saya, nabi datang dengan sendirinya," ujar Cholil kepada Dream, Rabu, 15 Januari 2020.

Cholil menegaskan, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Bahkan, jin sekalipun tidak bisa menyerupai Rasulullah SAW.

" Nabi bukan jin, bukan setan yang bisa dipanggil-panggil," ucap dia.

 

1 dari 5 halaman

Siapa yang Dipanggil?

Menurutnya, tidak setiap orang bisa bertemu dengan nabi. Hanya orang yang memiliki hati suci dan bersih saja yang dapat bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

" Ketemu pun paling dalam keadaan mimpi dan itu orang soleh dan Allah yang mengaturnya," kata dia.

MUI Pusat juga mempersilakan masyarakat untuk melaporkan masalah tersebut ke MUI Pasuruan atau MUI Jawa Timur.

" Kita belum mengkaji yang dimaksud memanggil itu apa. Itu perlu dikaji," ujar dia.

 

2 dari 5 halaman

Video Ningsih Tinampi Memanggil Malaikat

Seperti diketahui, dalam tayangan di kanal Youtube milik Chanel Drawart, yang berjudul PENUNJUKKAN ILMU MILIK NINGSIH, Ningsih memaku memanggil malaikat dan nabi kepada seorang pasien.

" Assalamualaikum. Assalamualaikum ya nabi. Datanglah," kata Ningsih pada video yang diunggah 9 Januari 2020.

" Ini yang datang adalah para nabi," kata Ningsih ke pasien yang menangis.

 

3 dari 5 halaman

Ningsih Tinampi Minta Maaf

Ningsih kemudian membuat video permintaan maaf ke umat Islam.

" Bukan memanggil. Kita dalam mimpi bertemu rasul, rasul tidak bisa untuk diduplikat atau apapun bentuknya. Saya mohon maaf sebesar-besarnya, ketika `membuka` itu,"  kata dia.

Ningsih menyebut, praktik itu dia lakukan untuk melepas maksiat dan tobat kepada Allah. Dia mengklaim saat sholat diminta ke Tanah Suci dan ke rumah Nabi Muhammad.

Meski awalnya berisi permintaan maaf, Ningsih juga mengklaim diutus untuk melawan ilmu hitam. Dia mengklaim, sengaja menunjukkan praktik itu karena didampingi Rasulullah SAW.

" Saya diutus untuk melawan ilmu hitam dan menunjukkan apa yang saya mau," ucap dia.

Video Minta Maaf Di-delete

Tapi kini, video permintaan maaf di channel Youtube Ningsih Tinampi sudah menghilang. Tapi video permintaan maaf itu diunggah kembali di beberapa channel Youtube lain. 

 

4 dari 5 halaman

Pemimpin Sekte Kerajaan Ubur-ubur Dinyatakan Gangguan Jiwa

Dream - Polres Serang menyatakan pemimpin sekte Kerajaan Ubur-ubur, Aisyah Tusalamah, mengidap gangguan jiwa berat. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil pemeriksaan kejiwaan Aisyah oleh tim dokter Rumah Sakit Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Grogol, Jakarta Barat.

" Disimpulkan terperiksa (Aisyah) saat ini menunjukan adanya gangguan jiwa berat (psikosis)," ujar Kapolres Serang, AKBP Komarudin, dikutip dari merdeka.com, Jumat 14 September 2018.

Aisyah sempat diperiksa selama 21 hari oleh tiga dokter RSJ Grogol yaitu Safitri Wulandari, Agung Frijanto, dan Endang Tri Lertati. Hasil visum ketiga dokter ini memperkuat pemeriksaan sebelumnya yang dilakukan di RS dr Drajat Prawiranegara.

" Sama-sama mengatakan ibu AS mengalami gangguan jiwa berat," kata Komarudin.

Selanjutnya, Komarudin menerangkan tim RSJ dr Soeharto Heerdjan juga merekomendasikan, agar Aisyah menjalani pengobatan secara optimal. Ini agar Aisyah tidak kembali mengalami gangguan pikiran.

" Untuk mengantisipasi gangguan isi pikir yang dimilikinya harus dilakukan pengobatan optimal," kata dia.

5 dari 5 halaman

Gaet Pengikut Lewat Medsos

Dream - Kemunculan kelompok Kerajaan Ubur-ubur sempat menghebohkan warga Serang. Aktivitas mereka telah menimbulkan keresahan lantaran dianggap menyimpang dari ajaran agama.

Ketua RT. 02 RW.07 Kelurahan Sayabulu, Kecamatan Kota Serang, Kabupaten Serang, Banten, Surya Miharda, mengatakan kelompok ini sebenarnya pernah dibekukan. Tetapi, belakangan kembali aktif lantaran terjalin komunikasi di antara para pengikut Kerajaan Ubur-ubur di media sosial.

" Makanya banyak yang main ke mari," kata Surya.

Surya mengaku tahu betul bagaimana sepak terjang dua pimpinan Kerajaan Ubur-ubur yaitu Aisyah dan Rudi, yang merupakan pasangan suami istri.

Tempat tinggalnya hanya berjarak tiga rumah dari pusat aktivitas kelompok yang diduga menyebarkan aliran sesat itu.

Menurut dia, banyak orang datang ke rumah Aisyah dan Rudi karena mendapatkan informasi dari media sosial. Kepada para anggotanya, kata Surya, Aisyah sering bercerita tentan sejarah Indonesia.

Selain itu, Aisyah juga sering berbicara mengenai uang simpanan dengan jumlah besar di bank luar negeri. Apabila dicairkan, Aisyah mengklaim uang tersebut dapat digunakan untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia.

" Ternyata, banyak orang yang sama napak tilas leluhur, orang yang ingin tahu sejarah, terus jadi pengikutnya," ucap Surya.

(ism, Sumber: Merdeka.com)

Beri Komentar