BPS Tanya Kepuasan 14 Ribu Jemaah Terhadap Pelaksanaan Haji 1440H

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 19 Juni 2019 19:01
BPS Tanya Kepuasan 14 Ribu Jemaah Terhadap Pelaksanaan Haji 1440H
Kemenag menargetkan poin Indeks Kepuasan Haji tahun ini meningkat.

Dream - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali menjalankan survei untuk penyusunan Indeks Kepuasan Haji 1440H. Indeks tahun ini akan melibatkan responden 14 ribu jemaah haji yang dibagi dalam dua periode pengambilan sampel.

" Untuk jemaah gelombang I akan diambil 6.ooo orang dan untuk gelombang II akan diambil 8.000 orang sebagai responden. Total ada 14.400 responden," ujar Peneliti BPS, Agus Marzuki, dikutip dari kemenag.go.id.

Agus mengatakan kuesioner nantinya didistribusikan kepada regu yang dipilih secara acak. Menurut dia, akan ada delapan kuesioner berbeda.

" Masing-masing regu terpilih hanya mengisi satu kuesioner saja. Kami berharap partisipasi jemaah untuk dapat mengikuti survei," kata Agus.

Peneliti BPS lain, Wakethi, mengatakan Indeks Kepuasan Haji akan menjadi patokan bagi pemerintah untuk menjalankan perbaikan dalam pelayanan haji. Nantinya, survei ini akan menggunakan iga metode dalam pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara maupun observasi langsung.

" Meskipun hasil akhir survei ini hanya berupa angka, tapi itu merupakan wujud seberapa besar kita dapat melayani publik," kata Wakethi.

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting