Gerbang Tol Cikarang Utama Dipindah ke Cikampek Utama, Cek Tarifnya di Sini

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 18 Mei 2019 12:00
Gerbang Tol Cikarang Utama Dipindah ke Cikampek Utama, Cek Tarifnya di Sini
Tidak berdampak pada kendaraan golongan I.

Dream - PT Jasa Marga telah menetapkan perpindahan gerbang tol Cikarang Utama ke gerbang tol Cikampek Utama. Perpindahan itu diikuti perubahan tarif.

GM Jasa Marga Cabang Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi, Raddy R. Lukman, mengatakan, kendaraan Golongan I tidak terdampak penyesuaian tarif tol akibat perubahan sistem transaksi.

Selain itu, penyesuaian tarif yang dilakukan pasca perubahan sistem transaksi juga tidak berdampak signifikan di Wilayah 2, Jakarta IC – Cikarang Barat.

“ Tidak hanya itu, terjadi penurunan tarif signifikan untuk Angkutan Logistik di Wilayah 2 yang mencapai Rp2.500 untuk kendaraan Golongan III, Rp2.000 untuk kendaraan Golongan IV dan Rp4.000 untuk kendaraan Golongan V,” kata Raddy, dikutip , Jumat 17 Mei 2019.

Penyesuaian tarif hanya berdampak pada akses gerbang tol di Wilayah 3 (setelah GT Cikarang Utama) yaitu wilayah Cikarang Barat hingga Karawang Timur. Setelah perubahan sistem transaksi menjadi sistem transaksi terbuka, berlaku tarif merata sebesar Rp12.000 untuk Golongan I.

Sementara itu, untuk tarif yang berlaku di Wilayah 4 masih sama dengan tarif tol jarak terjauh, Jakarta IC – Cikampek/Kalihurip, yaitu tarif merata sebesar Rp15.000 untuk Golongan I.

Direktur Operasi Jasa Marga, Subakti Syukur, menambahkan, proporsi kendaraan setelah Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami perubahan sistem transaksi dan penyesuaian tarif. Sebanyak 70 persen kendaraan tidak terdampak dan 30 persen yang terdampak membayar lebih mahal maupun lebih murah.

Perubahan sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek itu akan berlaku mulai 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian