Temuan Mengejutkan, Ada Wanita Lain di Balik Lukisan Mona Lisa

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 10 Desember 2015 12:45
Temuan Mengejutkan, Ada Wanita Lain di Balik Lukisan Mona Lisa
Peneliti asal Prancis menemukan ada sosok lain di balik lukisan Mona Lisa. Temuan ini didapat setelah penelitian selama 10 tahun. Siapa sosok misterius itu?

Dream - Mona Lisa. Inilah salah satu karya seni paling misterius di muka Bumi. Selama berabad-abad para ilmuan meneliti lukisan karya Leonardo Da Vinci itu. Namun sejumlah misteri tetap saja merubung gambar yang tergantung di Museum Louvre, Paris, Prancis ini.

Berpuluh tahun para seniman dan peneliti seni mencari tahu siapa sebenarnya sosok yang dilukis Da Vinci itu. Tapi kemudian sebagian besar orang sepakat bahwa wanita pada lukisan itu adalah Lisa Gherardini del Giocondo, istri ke tiga dari pedagang sutera kaya raya dari Florence, Francesco del Giocondo.

Tak hanya perempuan dalam gambar Mona Lisa, senyum yang tersungging dari bibir sosok dalam lukisan itu juga mengundang berjuta tanya. Banyak yang menyebut senyum Mona Lisa bisa berubah-ubah. Berpuluh tahun pula para peneliti menguak rahasia ini. Sejumlah kesimpulan pun didapat, salah satunya menduga karena Da Vinci menggunakan teknik khusus dalam melukis.

Dan yang terbaru adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Prancis, Pascal Cotte. Setelah meneliti lukisan paling terkenal itu selama 10 tahun, dia mengaku mendapat temuan sangat mengejutkan. Cotte menyebut ada gambar lain di belakang (di dalam-red) lukisan Mona Lisa.

Dalam penelitian itu, Cotte menggunakan teknik pemindaian multispektral. Dengan menggunakan panjang gelombang yang berbeda untuk menembus cat, Cotte bersusah payah menunjukkan bahwa di balik Mona Lisa terdapat perempuan lain di dalam lukisan itu.

Studi Cotte mengklaim bahwa Da Vinci sebelumnya melukis sosok perempuan lain, yang diyakini sebagai sosok asli Mona Lisa.

“ Kita sekarang dapat menganalisis apa yang terjadi di dalam lapisan cat dan kita dapat mengupas lukisan itu seperti lapisan bawang. Kita dapat merekonstruksi semua kronologi pembuatan lukisan,” kata Cotte, dikutip Dream dari The Telegraph, Kamis 10 Desember 2015.

Dan setelah merekonstruksi gambar yang terlihat di permukaan, Cotte mengaku mendapat temuan mengejutkan itu, yang dia klaim bisa membuyarkan banyak mitos dan mengubah visi masyarakat seni pada karya Leonardo itu.

“ Ketika saya selesai merekonstruksi Lisa Gherardini, saya berada di depan potret dan dia benar-benar berbeda dengan Mona Lisa yang kita kenal hari ini. Ini bukan wanita yang sama,” tambah dia.

Menurut Cotte, sosok wanita yang berada di balik lukisan utama itu menghadap ke samping. Memiliki kepala dan hidung yang lebih besar, tangan lebih besar, dan yang paling penting memiliki bibir lebih kecil daripada sosok Mona Lisa pada gambar yang terlihat selama ini.

Terkait penemuan ini, Museun Louvre tak memberi banyak komentar. Mereka menyatakan Cotte bukanlah bagian dari tim ahli mereka. Dan temuan Cotte ini tidak serta merta diterima oleh peneliti seni lain. Banyak juga yang mempertanyakan temuan ini.

Bagaimanapun, lukisan Mona Lisa yang dibuat Leonardo Da Vinci antara tahun 1503 dan 1517 ini telah menyimpan beragam teka-teki. Sejumlah teori bermunculan untuk menguak misteri yang merubung lukisan ini.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019