Jalan Ambles Kuak Gua Raksasa di Bawah Rumah Warga, Isinya...

Reporter : Sugiono
Rabu, 14 Februari 2018 15:00
Jalan Ambles Kuak Gua Raksasa di Bawah Rumah Warga, Isinya...
Selama ini tak ada satu pun warga di kota itu yang tahu adanya gua raksasa di bawah permukiman mereka.

Dream - Selama beberapa dekade terakhir, ratusan lubang misterius dilaporkan muncul di berbagai belahan dunia. Terbaru, sebuah lubang misterius juga muncul di Texas, Amerika Serikat.

Kemunculan lubang misterius di tengah-tengah trotoar tersebut mengejutkan warga kota Round Rock yang akan memulai aktivitas pagi mereka pada hari Kamis pekan lalu.

" Sepertinya bagian atas trotoar itu ambles dan runtuhannya merusak jalur air dan gas kami," kata Mike Petter, general manager perumahan Brushy Creek MUD.

Sementara itu pihak berwenang tidak tahu pasti mengapa trotoar itu ambles dan menciptakan lubang sedalam 6 meter dengan panjang gua mencapai 51 meter.

Lubang tersebut berukuran cukup besar hingga mengungkapkan bagian bawah tanah yang terlihat seperti gua raksasa.

Kejadian tersebut menyebabkan sedikitnya 10 rumah di Woods of Brushy Creek mengalami masalah pasokan air dan gas.

1 dari 1 halaman

Penduduk Tak Menyangka

Penduduk sekitar Round Rock selama ini tidak pernah tahu ada gua besar di bawah rumah-rumah mereka. " Apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya lubang itu belum diketahui hingga saat ini," jelas Connie Watson, juru bicara Williamson County dalam sebuah pernyataan.

" Namun, pemeriksaan awal terhadap lapisan karst menunjukkan bahwa bantalan batu kapur yang membentuk langit-langit gua di mana jalur air dan gas dipasang mengalami penipisan. Meskipun bagian luarnya terlihat masih stabil," tambah dia.

Menurut Watson, jalur air terpasang di lokasi di mana air, yang tidak dapat mengalir secara lancar, merembes melalui batu kapur yang mudah larut, sehingga menciptakan rongga dan gua.

Akibatnya, permukaan di atasnya menjadi turun dan dapat menciptakan lubang satu saat. Survei Geologi AS mengatakan sekitar 20 persen wilayah Amerika Serikat berdiri di atas lapisan karst.

Peristiwa terburuk terkait amblasnya tanah hingga menciptakan lubang dan gua pernah terjadi di Florida, Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee dan Pennsylvania.

(Sumber: viral4real.com)

Beri Komentar