Sejarah Baru, Saudi Rekrut Penyidik Perempuan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 14 Februari 2018 13:00
Sejak gerakan reformasi lewat Vision 2030 digalakkan, kaum wanita Saudi kini bisa meniti karier di luar rumah.

Dream - Kantor Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi membuat pengumuman bersejarah. Pada Senin 12 Februari 2018, kantor Jaksa Saudi membuka rekrutmen tenaga penyidik khusus untuk perempuan.

" Lowongan tersedia untuk posisi wanita di staf penuntutan publik dengan pangkat letnan penyidik," demikian pergumuman tertulis dari Kantor Jaksa yang disebarkan melalui Kementerian Informasi Saudi, dikutip dari Arab News. 

Pengumuman tersebut merupakan bagian dari program reformasi Vision 2030 yang dipimpin Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Di masa kepemimpinan Mohammed sekitar 22 persen wanita berkarier di ruang publik, tidak lagi hanya berada di rumah.

Terbukanya peluang perempuan untuk bekerja membuat ratusan ribu pendaftaran izin kerja masuk. Dilaporkan Departemen Imigrasi Arab Saudi, sebanyak 107.000 pelamar mendaftar untuk memperebutkan 140 posisi kosong di bandara dan pengecekan wilayah batas negara.

Raja Salman tahun lalu memutuskan wanita diizinkan mengemudi pada Juni 2018. Keputusan ini dianggap sebagai reformasi bersejarah karena memberi peluang bagi perempuan untuk beraktivitas dan bekerja di luar rumah.

Beri Komentar
Kali Item, Buruk Rupa Sejuta Cerita