Di Banyuwangi, Sampah Plastik Diubah Jadi Emas

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 25 Januari 2019 18:02
Di Banyuwangi, Sampah Plastik Diubah Jadi Emas
Inspirasi pengelolaan sampah dari ujung Jawa Timur.

Dream - Sampah plastik telah menjadi perhatian serius para aktivis konservasi lingkungan. Berbagai strategi dirancang agar masyarakat tersadar mengenai bahaya sampah plastik.

Di Banyuwangi, Jawa Timur, gerakan mengelola sampah disuguhkan dengan cara unik. Tiap sampah yang dikumpulkan dapat dikonversi menjadi emas.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Bank Sampah The Gade Clean dan Gold, Harianto Widodo mengatakan, sampah plastik yang dikumpulkan warga dapat `diubah` menjadi emas.

" Untuk proses sampah menjadi emas, dimulai dari pemilihan sampah yang diambil dari sampah rumah tangga. Lalu masuk proses penyetoran, penimbangan, penghitungan, dan hingga tahap akhir hasil penimbangan ke dalam tabungan emas," kata Harianto, dilaporkan Liputan6.com, Jumat, 25 Januari 2019.

Harianto menyebut, sampah plastik yang disetor warga di program Clean and Gold, akan disesuaikan dengan harga emas. Misal, seorang yang menyetor sampah senilai Rp6.500 berarti telah memiliki 0,01 gram emas. Asumsi yang berlaku yaitu harga emas per gramnya Rp650 ribu.

Pemilik tabungan bisa menjual emas bisa sudah mencapai satu gram. Atau bisa dicetak dalam bentuk emas batangan bila sudah mencapai lima gram.

" Kalau sudah mencapai satu gram bisa dijual atau digadaikan pada kami, tapi harus disisakan di saldo sebesar 0,1 gram. Sedangkan untuk bisa dirupakan dalam bentuk emas kalau mencapai lima gram," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Ahmad Ibo)

Beri Komentar