Lebaran, Layanan SMS Mencapai 785 Juta Sehari

Reporter : Ervina
Jumat, 1 Agustus 2014 08:40
Lebaran, Layanan SMS Mencapai 785 Juta Sehari
Trafik SMS Telkosmel meningkat sebesar 20% saat Lebaran dibanding periode yang sama tahun 2013. Sementara XL mencatat trafik SMS tertinggi sehari jelang Lebaran hingga mencapai 785 juta pesan sehari.

Dream - Meningkatnya penggunaan akses internet untuk menyampaikan pesan Idul Fitri ternyata tidak membuat pelanggan operator di tanah air meninggalkan layanan SMS dan suara. Saat perayaan Idul Fitri, SMS dan telepon masih banyak dipilih untuk menyampaikan pesan Lebaran.

Dalam keterangan resmi yang diterima Dream.co.id, dua operator besar tanah air mencatat adanya peningkatan layanan SMS dan telepon. Pada Lebaran tahun ini Telkomsel mencatat kenaikan layanan SMS sebesar 20% dan telepon sebesar 3% dibandingkan Ramadan setahun silam.

Sebanyak 785 juta SMS dikirim atau meningkat sebesar 20% dibandingkan trafik SMS di periode yang sama tahun 2013. Tingkat keberhasilan pemgiriman dan penerimaan SMS mencapai lebih dari 99%.

Jika dibandingkan hari-hari normal, jumlah pengiriman pesan singkat operator plat merah ini mengalami penurunan sebesat 15%. Senada dengan jumlah pengiriman pesan singkat, penggunaan panggilan suara juga mengalami peningkatan yakni sebesar 3% menjadi 1,1 miliar menit. Namun jika dibandingkan periode hari normal jumlah ini justru menurun sebesar 15%.

Selama perayaan Lebaran, XL juga mencatat adanya peningkatan penggunaan layanan SMS dan panggilan suara. Pada hari biasa, XL mencatat trafik percakapan sebesar 510 juta menit dan 700 juta SMS dalam sehari.

Peningkatan trafik SMS tertinggi justru mencapai puncaknya pada sehari jelang Idul Fitri. Tepat pada hari terakhir Ramadan, operator 'biru' ini mencatat trafik SMS mencapai 785 juta pesan dalam sehari.

Sementara trafik percakapan suara tertinggi terjadi pada saat perayaan Lebaran yakni sebesar 470 menit. Pada sehari dan dua hari jelang Lebaran trafik percakapan sebesar 440 menit dan 460 menit.

Secara keseluruhan total pengiriman SMS pada momen Idul Fitri tahun ini mengalami peningkatan dibanding momen yang sama setahun silam. Tahun lalu puncak trafik pengiriman pesan singkat terjadi pada H-2 Lebaran yakni sebesar 570 juta pesan dalam sehari.

Lokasi tertinggi penggunaan layanan SMS pada H-1 diketahui terpusat di daerah Jawa Tengah yakni 26,9% yang meliputi area Kebumen dan Tegal. Disusul daetah Jawa Timur sebesar 23,1%.

Beri Komentar