Video Detik-Detik Ayah Selamatkan Anak Saat Ledakan Dahsyat di Lebanon

Reporter : Sugiono
Rabu, 5 Agustus 2020 16:12
Video Detik-Detik Ayah Selamatkan Anak Saat Ledakan Dahsyat di Lebanon
Sambil gendong putranya yang masih kecil, dia berlari dan terus ucapkan takbir.

Dream - Rekaman detik-detik seorang ayah mencoba melindungi anaknya ketika ledakan maut terjadi di Lebanon viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak pria itu bersama anaknya sangat terkejut ketika getaran ledakan dahsyat mengguncang rumah mereka.

Pria itu langsung menggendong anak lelakinya dan tergesa-gesa mencari tempat perlindungan begitu ledakan yang lebih besar terdengar.

Terdengar pria itu terus berteriak mengucapkan takbir sambil menggendong anaknya yang masih kecil untuk berlindung di bawah meja.

1 dari 7 halaman

Diduga Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Dua ledakan dahsyat yang terjadi di Pelabuhan Beirut telah menyebabkan kerusakan pada bangunan sekitarnya sehingga sejauh 10 kilometer.

Tragedi yang diduga berasal dari kira-kira 2,750 ton amonium nitrat yang disimpan di gudang pelabuhan itu juga telah merenggut sekurang-kurangnya 78 nyawa.

Menurut News.com, ledakan itu diyakini berasal dari kebakaran yang disebabkan pengerjaan pengelasan di pelabuhan tersebut. Sebelum api merebak dan membakar bahan kimia yang disimpan di gudang.

2 dari 7 halaman

78 Orang Tewas dan 4.000 Lainnya Luka

Menurut kabar terakhir, ledakan tersebut sementara mengakibatkan 78 orang tewas dan 4.000 lainnya luka-luka.

Ledakan tersebut mengakibatkan gedung-gedung hancur, dan hampir seluruh kota Beirut menjadi porak-poranda. Banyak jalanan tertutup puing-puing bangunan, rumah dan bagunan hancur, serta asap yang masih mengepul di kota.

Terlihat pula banyak mobil-mobil yang rusak di sepanjang jalan, serta orang-orang yang terjebak di dalam bangunan.

(Sumber: Siakapkeli.my)

3 dari 7 halaman

Video Ayah Menenangkan Putranya Saat Ledakan Lebanon

4 dari 7 halaman

Kengerian Ledakan di Beirut: Beranda Bergoyang Keras, Pelabuhan & Rumah Hancur

Dream - Ledakan besar yang melanda Beirut, ibukota Lebanon menewaskan puluhan warga dan melukai ribuan orang. Sejumlah gedung-gedung di dekat lokasi ledakan juga luluh lantak. Pecahan kaca memenuhi jalan-jalan dan lampu jalan padam akibat ledakan.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), ledakan ini yang disamakan dengan gempa bumi berkekuatan 3,3 magnitudo. Sedikitnya 78 orang tewas dan lebih 4.000 orang terluka. Penduduk kota langsung berlarian ke rumah sakit untuk mendonorkan darahnya.

" Saya berada di beranda ketika seluruh daerah sekitar bergoyang ke kiri dan ke kanan," kata produser film, Bane Fakih, yang tinggal di wilayah barat kota, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 5 Juli 2020.

" Sangat dahsyat. Saya tidak pernah ketakutan seperti ini."

Ledakan di Pelabuhan Beirut itu membentuk awan besar berwarna merah dan bisa terdengar jauh sampai wilayah pinggiran kota.

" Pelabuhan Beirut benar-benar hancur," kata saksi mata, Bachar Ghattas, menggambarkan adegan yang berlangsung seperti " kiamat" .

" Sangat, sangat menakutkan apa yang terjadi saat ini dan orang-orang panik," ujarnya.

" Layanan kedaruratan kewalahan."

5 dari 7 halaman

Video Detik-Detik Ledakan Lebanon Seperti Bom Hiroshima, 78 Tewas 4.000 Luka

Dream - Sebuah ledakan dahsyat terjadi di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. Hingga saat ini, sebanyak 78 orang dilaporkan telah tewas, sekitar 4.000 lainnya terluka.

" Masih banyak orang hilang hingga saat ini," kata Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan, dikutip dari CNN.com, Rabu 5 Agustus 2020.

Rekaman video menunjukkan ledakan itu menciptakan awan berwarna oranye. Gedung-gedung di sekitar terguncang karena ledakan dan gelombang kejut yang menyusul kemudian.

Jendela dan pecahan kaca berterbangan karena ledakan dan gelombang kejut tersebut.

6 dari 7 halaman

Belum Pernah Melihat Kehancuran Pada Skala Ini

Gubernur Beirut, Marwan Abboud, menyatakan ledakan itu sebaagai bencana nasional. Sementara. Lebanon menyatakan hari berkabung nasional selama tiga hari.

" Ledakan itu menyerupai apa yang terjadi di Jepang, di Hiroshima dan Nagasaki. Ledakan itu mengingatkan saya pada hal itu. Dalam hidup saya, saya belum pernah melihat kehancuran pada skala ini, " kata Abboud, menjelaskan awan jamur akibat ledakan tersebut, dikutip USA Today.

7 dari 7 halaman

Ledakan Dahsyat di Saat Pandemi Corona Itu

Beri Komentar