Viral Video Wanita Pengidap Gangguan Jiwa Lantunkan Alquran dengan Merdu

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 7 Oktober 2019 10:00
Viral Video Wanita Pengidap Gangguan Jiwa Lantunkan Alquran dengan Merdu
Subhanallah...

Dream - Sebagian orang malas membaca Alquran. Sebagain orang merasa tidak punya waktu untuk membaca Alquran, padahal di dalamnya terdapat petunjuk untuk hidup di dunia.

Sebagian lagi merasa tidak sanggup belajar Alquran karena menganggap sulit, padahal jika dipelajari sungguh-sungguh akan sangat mudah.

Seorang pengidap gangguan jiwa bahkan mampu melantunkan ayat suci Alquran. Ya, hal itulah yang belakangan ini tengah viral.

Sebuah video yang memperlihatkan seorang wanita pengidap gangguan jiwa mampu melantunkan ayat dalam Alquran dengan fasih.

1 dari 5 halaman

Awalnya Malu-malu

Video yang diunggah ke Facebook oleh akun Rahcman Payuyu itu membuat takjub warganet.

Perempuan yang mengalami gangguan jiwa itu diminta membaca salah satu surat Alquran. Awalnya malu-malu, namun setelah dibujuk akhirnya perempuan itu mulai membaca " bismillah" dan melantunkan ayat dalam surat Al Baqarah dengan merdu dan fasih.

Ia pun terhenti saat mendapat satu ayat. Para warga pun menyuruhnya untuk tidak malu. " Ayo terus, terus tak usah malu. Ayo," ujar salah satu warga.

2 dari 5 halaman

Lancar dan Benar

Tak hanya itu, wanita ini bahkan mampu melantunkan salah satu ayat dalam surat Al Baqarah dengan lancar, lengkap dengan tartil yang indah dan makharijil huruf (tata cara membaca dalam Alquran) yang benar.

Warga mendokumentasikan dan membagikan rekaman video perempuan itu ke media sosial. Setelah wanita ini selesai melantunkan ayat dalam surat Al Baqarah tersebut, mereka sontak tepuk tangan dan mengucapkan " Subhanallah."

Melihat video ini warganetpun ramai-ramai mendoakan wanita itu. Tak jarang juga warganet yang mengatakan bahwa waniya ini menjadi contoh kenapa manusia yang " waras" justru malas membaca Alquran.

" Masyaallah suaranya merdu...insya allah akan diberikan kesembuhan," tulis akun Bundanya Afrilyanto.

" Masya Allah suaranya,semoga Allah pulihkan ingatannnya ya ibu," timpal akun Acah Mamah Najma.

" Subhanallah suarax kok merdu bget walau pun dy sedang sakit tp dia tdk melupakan ayatullah masih melekat di ingatanx...mungkin ada hikmah di balik semua ini adalah rencanaNYA berharap beliau bisa sembuh betapa terharu nya aq saja gak bisa tp beliau luarbiasa," tambah akun Sonya Glucola Mci.

3 dari 5 halaman

Ini Videonya

4 dari 5 halaman

Indahnya Lantunan Ayat Suci Alquran Bocah Tuna Netra

Dream - Di balik kekurangan, pasti ada kelebihan. Begitulah ungkapan dalam mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT terhadap apa yang diciptakan-Nya.

Seperti yang terjadi pada bocah bernama Yuyun asal Wawai, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Meski tuna netra, Yuyun memiliki kelebihan mampu melantunkan bacaan ayat suci Alquran dengan baik.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @riweuh_id, Yuyun melantunkan Surah Ath-Thariq dengan baik. Kemampuan Yuyun patut diapresiasi meski ada bacaan yang kurang tepat seperti tsa dibaca sho pada akhiran ayat ke dua.

"  Semangat dalam belajar mengaji dan belajar yang lainnya," tulis akun @riweuh_id seperti diakses Dream, Senin 21 Januari 2019.

Unggahan ini membuat beberapa warganet bangga sekaligus sedih. Seperti komentar, akun @aaldyansyahh yang menulis, "  Sangat malu saya terhadap diri saya pribadi saat melihat anak tersebut."

"  Subhanallah betapa besarnya kekuasaan Allah. Amin,"  tulis @nurliahyuniman.

5 dari 5 halaman

Merdunya Lantunan Tilawah Qari Putri Tunanetra

Dream - Novita Sari, siswi Madrasah Aliyah Baitul Makmur Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu tidak seperti remaja normal. Novita adalah seorang penderita tuna netra.

Memiliki kekurangan indra penglihatan, bukan berarti Novita tidak bisa berprestasi. Dia memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melantunkan ayat suci Alquran.

Bacaannya begitu merdu. Sanggup membuat para pendengarnya tersentuh.

" Pernah mendapat juara harapan 2 pada MTQ ke-26 di Nusa Tenggara Barat (NTB) 2016," ujar Novita, dikutip dari Kemenag.go.id, Rabu 26 September 2018.

Novita juga pernah meraih Juara 1 MTQ tingkat Provinsi Bengkulu pada 2017.

Novita mengaku bisa membaca Alquran sejak dari kecil. Saat SD, dia mengaji menggunakan Alquran huruf Braille.

Ketika duduk di bangku SMP, dia mulai mengasah kemampuannya di bidang tilawatil Quran. Dia pun menorehkan cukup banyak prestasi.

Dalam belajar tilawah, Remaja ini mendapat bimbingan dari guru khusus. Semangatnya begitu tinggi, meski indra penglihatannya terganggu.

" Saya tahu semua sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. Jadi, harus tabah menjalani ini semua," kata dia.

Dalam hati kecil Novita terbersit sebuah harapan. Selain menjadi qari, dia ingin bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Novita didaulat sebagai qari dalam pembukaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional 2018 di Bengkulu. Dia pun berpesan kepada para peserta agar melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh karena Allah SWT.

" Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapat hasil yang terbaik. Harumkan nama daerah kalian masing-masing. Buat orang tua, madrasah, dan daerah kalian bangga kepada kalian. Kalian semua adalah penerus generasi bangsa," kata Novita.

KSM 2018 berlangsung pada 24-29 September 2018 di Bengkulu. Kompetisi ini diikuti 543 siswa madrasah dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik