Zamzam Adalah Air dengan Kekuatan Ajaib?

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 September 2017 06:02
Zamzam Adalah Air dengan Kekuatan Ajaib?
Sekitar 50 meter dari Kabah terletak Sumur Zamzam yang menurut Islam tercipta secara ajaib ribuan tahun yang lalu atas perintah Allah. Bagaimana khasiatnya?

Dream - Kisah sumur air Zamzam tidak bisa dilepaskan dari kisah perjalanan istri Nabi Ibrahim saat mencari air untuk anak laki-lakinya, Nabi Ismail.

Laman Al Arabiya menjelaskan ceritanya dimulai terbentuknya sumur air Zamzam itu. Pertama-tama Nabi Ibrahim menerima perintah Allah untuk meninggalkan isterinya Hajar dan putranya Nabi Ismail di Mekah yang saat itu adalah daerah sepi dan tandus.

Seiring habisnya persediaan air dan makanan mereka, Hajar mencari air.

Dia mendaki Bukit Safa, yang dekat dengannya, untuk melihat apakah ada kafilah yang lewat. Tetapi, dia tidak melihat siapa pun.

Hajar pun turun dan menuju ke Bukit Marwah. Hajar terus berjalan di antara dua bukit tersebut sampai air tawar yang tiba-tiba merembes dari tanah.

Menurut pendiri Islamic Online University Bilal Philips, sejak itu sumber air tersebut terus mengalir hingga membesar dan dikenal sebagai Sumur Zamzam.

Laporan Saudi Gazette menyebut kedalaman Sumur Zamzam adalah 30,5 meter, dengan 17 meter di antaranya terbuat dari batu granit. Bagian di atas lapisan batu granit adalah kapur dengan sumur buatan.

Kamus Bahasa Arab Al-Waseet menyebutkan nama Zamzam terdengar seperti suara orang yang sedang lapar.

 

1 dari 2 halaman

Makna Khusus Zamzam

Untuk menghargai perjuangan Hajar, umat Islam memasukkan tradisi Sa'i selama proses ibadah haji. Para jemaah akan berlari-lari kecil di antara Bukit Safa dan Bukit Marwah.

" Inti dari penemuan air Zamzam adalah pengulangan pesan Alquran bahwa susah payah akan mendatangkan kemudahan. Ini adalah peringatan akan keajaiban Allah yang datang untuk membantu Hajar pada saat tidak ada yang bisa menolongnya kecuali Dia," kata Philips.

Philips menambahkan, jemaah umrah atau haji dianjurkan untuk minum air Zamzam karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan.

Para jemaah bahkan dipersilakan minum air Zamzam sebanyak-banyaknya selagi berada di Tanah Suci. Mereka juga bisa membawa air Zamzam untuk diberikan kepada keluarga dan teman di tempat asal.

 

2 dari 2 halaman

Air Zamzam di Pasar Gelap

Philips mengingatkan bahwa air Zamzam hanya memiliki manfaat kesehatan, termasuk menyembuhkan penyakit. Tapi bukan berarti air Zamzam adalah air yang memiliki kekuatan ajaib.

" Kesalahpahaman itulah yang memicu munculnya pasar gelap. Mereka memperdagangkan air Zamzam secara tidak bertanggung jawab," kata Philips.

Philips mengatakan banyak yang percaya bahwa dengan minum air Zamzam maka penyakitnya bisa langsung sembuh total.

" Itu hanyalah kisah dongeng belaka. Mereka salah mengartikan hadis Rasulullah mengenai air Zamzam," kata Philips.

" Jika orang percaya penyakitnya bisa sembuh setelah minum air Zamzam, berarti dia percaya itu karena airnya. Padahal tidak seperti itu. Dia seharusnya yakin bahwa Allah yang memberinya kesembuhan, dan air Zamzam hanyalah pintu masuk atau kanal untuk kesembuhannya," ucap Philips.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie