Kisah Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Kabah

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 7 Februari 2017 06:02
Kisah Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Kabah
Setelah pembangunan Kabah, Nabi Ibrahim berdiri di atas batu suci itu dan kakinya membentuk tanda pada batu itu sebagai pertanda pembangunan rumah suci itu.

Dream - Bila Anda pernah ke Masjidil Haram, pasti pernah melihat petilasan Nabi Ibrahim di dekat Kabah. Petilasan itu berupa jejak kaki.

Menurut peneliti Arab Saudi, Mohi Eddine Hashemi, Allah mengirimkan hajar aswad dan batu suci dari surga setelah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail, menerima perintah membangun Kabah.

Hashemi menambahkan, batu suci ditandai dengan bekas telapak kaki Nabi Ibrahim. Setelah pembangunan Kabah, Nabi Ibrahim berdiri di atas batu suci itu dan kakinya membentuk tanda pada batu itu sebagai pertanda pembangunan rumah suci itu.

Sepanjang sejarahnya, batu itu tetap berdekatan dengan Kabah dan menjadi salah satu landmark Mekah. Namun, menurut Hashemi, jejak kaki itu semakin lama semakin memudar.

 alarabiya

Tanda itu bahkan hampir menghilang karena banyak orang menyentuhnya selama bertahun-tahun.

Saat 'menakhlukkan' Mekah, Nabi Muhammad dan para sahabat memutuskan untuk memindah batu petilasan itu dari tempat semula, digeser ke tempat batu itu sekarang berada, yang jaraknya sekitar 10 meter dari Kabah.

 kabah

Pemindahan itu dilakukan untuk mempermudah ibadah tawaf kaum Muslim dan memungkinka jemaah sholat di belakang petilasan itu sebagimana digambarkan dalam Alquran.

Menurut para sejarawan, pemimpin pertama yang memberi pelindung batu petilasan itu adalah Abbasid Caliph al-Mahdi. Kalifah Al-Mutawakkil melapisinya dengan emas dan perak untuk memperkuatnya.

Di era Saudi, khususnya pada generasi Raja Faisal, ada perintah perluasan. Sebuah kaca kristal dan penutup perak dipasang pada petilasan itu.

Kemudian direnovasi saat pemerintahan Raja Fahd, dengan memasang kaca tahan panas dan antipecah di atas petilasan itu.

Wallahu a'lam

Sumber: Al Arabiya

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak